Cara Ajarkan si Kecil Lebih Hemat

Ilustrasi celengan
Sumber :
  • www.hwunion.com

VIVAlife - Memberikan pengetahuan pada buah hati, sebaiknya dilakukan sejak dini. Karena semakin dini Anda memberikan pengetahuan, semakin matang kepribadian anak, nantinya. 

Negara Terkecil Itu Bernama Keluarga

Intip Momen Bahagia Eva Celia

Pengetahuan tentang hal umum, terutama keuangan, sangatlah penting diberikan agar si kecil tidak terlambat mengerti dan kurang kooperatif saat tumbuh dewasa. 

Untuk para orang tua, beberapa cara ini mungkin bisa diterapkan pada anak agar lebih mengerti nilai uang dan bisa berhemat. Informasi ini dilansir dari Times of India:

Efek Buruk Perceraian Bagi Buah Hati

Ajarkan daur ulang

Untuk mengajarkan untuk berhemat, bisa dilakukan dengan mengenalkan sistem daur ulang pada si kecil. Berikan pemahaman bahwa tak semua barang yang terpakai harus dibuang. Coba terapkan sistem daur ulang di rumah Anda dan contohkan pada buah hati bagaimana Anda belajar menghargai barang dan pemberian Tuhan.

Biasakan berbagi

Untuk menanamkan rasa hemat pada si kecil juga bisa diakukan dengan cara berbagi makanan atau mainan yang dimiliki sang anak. Dengan berbagi, sang anak akan mengetaui bahwa tidak semua mainan atau makan yang dimanankan dan dimainkan adalah milik sendiri. Berbagi dengan saudara bisa jadi salah satu cara ampuh.

Ajarkan menabung

Untuk menanamkan kebiasaan berhemat pada anak, orang tua juga perlu menanamkan kebiasaan menabung. Dengan menabung, anak akan belajar berhemat dan memanajemen uangnya. Cobalah belikan kotak penyimpan uang atau celengan sebagai hadiah ulang tahun, pilihlah gambar atau bentuk yang disukai oleh anak agar si kecil lebih semangat dalam menabung.

Lengkapi kebutuhannya, bukan keinginannya

Untuk mengajarkan kebiasaan berhemat pada si kecil, Anda juga bisa memulainya dengan tidak memanjakannya dengan barang-barang mahal yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan olehnya. Dengan begitu, buah hati akan lebih mengerti nilai uang dan mulai menerapkan kebiasaan hemat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya