Kisah Dompet Butut Almarhum Bob Sadino

Bob Sadino
Sumber :
  • VIVA.co.id
VIVA.co.id
Ini Impian Bob Sadino yang Belum Terwujud
- Sosok almarhum Bob Sadino, memberi kesan tersendiri bagi Ringgo Agus Rahman. Aktor film Get Married ini bahkan menganggap pengusaha nyentrik tersebut sebagai idolanya.

Pesan Ajaib Bob Sadino Sebelum Meninggal Dunia

"
Bob Sadino Ajari Sahabatnya Jadi 'Playboy'
Gue pengen seperti Om Bob. Gayanya keren bagi saya. Dengan celana pendeknya, dia terlihat nyaman sekali. Itu kenapa Om Bob menjadi idola saya," kata Ringgo di TPU Jeruk Purut saat menghadiri proses pemakaman Bob Sadino, Selasa siang 20 Januari 2015.

Di mata Ringgo, gaya khas Bob Sadino betul-betul fenomenal. Sikap cuek dan ceplas ceplos menjadikannya figur yang tak banyak bisa menirunya. Sejumlah kenangan pun mengalir sepeninggal tokoh idolanya tersebut.


Pernah suatu waktu, Ringgo mengaku pernah disemprot oleh Bob Sadino di kediamannya. Ia disebut goblok lantaran mempertanyakan tentang hal yang sesungguhnya telah diketahui oleh Ringgo. Yakni soal celana pendek.


Jauh sebelumnya, Ringgo pernah mengutarakan hal serupa dan cuma dijawab oleh Bob Sadino bahwa hanya ada dua hal yang bisa membuat seorang Bob Sadino mengenakan celana panjang, yakni saat melayat jenazah dan saat menghadiri pernikahan.


"Pas ditanya itu lagi, langsung
gue
dibilang goblok. Udah tahu jawabannya malah ditanya lagi. Ya udah digoblok-goblokin
gue
," cerita Ringgo.


Kesederhanaan dan citra diri apa adanya Bob Sadino, begitu membekas di hati Ringgo. Di balik sosok cueknya tersebut, Ringgo menilai Bob Sadino justru adalah orang yang paling perhatian dengan keluarga.


"Beliau orang yang paling sayang istri. Saya pernah tanya kenapa tidak
shooting
lagi Om. Dia jawab cuma, kasihan nanti sama istri. Kasihan lihat dia bukain pintu kalau pulang malam," tutur Ringgo.


Kenangan lain yang begitu terekam oleh Ringgo lainnya adalah soal dompet butut milik Bob Sadino. Di balik ketenarannya, seorang Bob Sadino ternyata hanya memiliki satu dompet kulit berwarna coklat kegelapan dan sudah sangat lusuh.


"Dompetnya itu
kan
hadiah kalo beli celana Levis. Jadi bentuknya jadul, setiap dibuka selalu ada suara jebretnya. Terus Om Bob itu simpan uangnya dilipat kecil-kecil, di antara sela-sela dompet. Jadi bukan ditempat seharusnya uang di dalam dompet. Jadi kalau pas ambil uang, repot. Dan bagi saya ini begitu berkesan," kata Ringgo.


Dan kini, Ringgo berharap di balik gaya nyentrik seorang Bob Sadino, kisah inspiratifnya setidaknya dapat menginspirasi semua orang.


Pengusaha sukses ala Bob Sadino, patut ditiru jalan hidupnya. Begitu pun dengan sikap hidupnya, sedapat mungkin menjadi salah satu panduan saat menjalani kehidupan.


"Om Bob pernah bilang ke saya. Kalau hidup itu
nggak
usah cari kaya. Tapi, cari miskin yang bisa dekat dengan orang kaya. Uang itu dihambur-hamburin aja.
Toh
nanti akan kembali juga ke kita," kata Ringgo. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya