Keindahan Tersembunyi Sungai dan Air Terjun Citumang

Wisata Spiritual
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Berada jauh di pelosok kota, tepatnya di Pangandaran, Jawa Barat, ternyata ada sebuah maha karya Tuhan yang indah, yaitu sungai dan air terjun Citumang.

Air Terjun Panglebur Gongso, Indahnya Bak Negeri Impian

Sungai ini terletak di Desa Bojong, Kabupaten Ciamis sekitar 15 kilometer dari sebelah barat Pangandaran. Sungai Citumang mengalir dari hutan hijau lebat dan airnya berwarna kebiruan.

Sungai ini dihiasi oleh bebatuan indah, cabang-cabang pohon dan semak-semak. Tidak hanya itu, airnya mengalir ke sebuah gua yang menakjubkan. Di sini, ketenangan akan menyapa Anda sambil mendengarkan suara harmoni alam yang manis yang dikeluarkan oleh hembusan angin dan gemercik air yang menyejukan jiwa.

Saat Anda menuju lokasi dan melewati tebing-tebing, tentunya Anda akan mendengar suara gemercik air. Airnya yang berwarna kebiruan akan menggoda Anda untuk melompat ke dalam sungai. Ketika Anda berjalan ke hulu sungai Anda akan mendapatkan sebuah terjun yang ditemani oleh pohon besar dengan akarnya yang menjutai.

Saat Anda berjalan lebih jauh mengikuti aliran air, Anda akan menemukan sebuah keajaiban alam yang langka, seperti air sungai yang masuk ke dalam tanah dan muncul kembali di hilir sungai menyerupai sistem ledeng. Tempat ini mempunyai pemandangan yang indah, karena banyak fotografer pemula, bahkan profesional banyak mengabadikannya.

Tempat ini sangat sempurna bagi Anda yang membawa anak-anak dan keluarga. Selain untuk berwisata tempat ini bisa mengajarkan banyak hal bagaimana Tuhan menciptkan keindahan yang tak ternilai. Tentunya, pengunjung juga harus menjaga nilai estetika yang ada di dalam Sungai dan Air Terjun Citumang. (asp)

Baca juga:

Lompat dari Tebing, Pria Ini Patahkan 14 Tulang Rusuknya

Merasakan Keindahan dan Gemuruh Air Terjun Hukou
Air Terjun Lombongo

Air Terjun Lombongo, Surga Tersembunyi di Gorontalo

Air terjun terletak di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016