Dampak Dari Kurangnya Hidrasi Bagi Kesehatan (I)

Ilustrasi minum
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Air memegang peran penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Bagaimana tidak? Sekitar 60 persen bagian tubuh manusia terdiri atas air. Jika kadar air dalam tubuh berkurang, tubuh sedang berada pada kondisi yang kurang baik. Untuk itu, hidrasi maupun asupan air putih ke dalam tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Menurut Dr. Parlindungan Siregar,Sp. PD-KGH, Hidrasi menjadi salah satu kunci terbangunnya tubuh yang sehat, karena pasokan air yang cukup. Sebab, jika hidrasi kurang, beberapa penyakit dapat menyerang tubuh.

Infeksi saluran kemih


Infeksi Saluran Kemih, atau ISK adalah salah satu penyakit yang dapat muncul saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Hal ini, karena jumlah air putih yang kurang dalam tubuh dapat memungkinkan bakteri penyebab penyakit ini lebih lama bersarang di saluran kemih kita. Bakteri Escherichia Coli adalah bakteri yang paling banyak menyebabkan ISK, sebanyak 60 sampai 80 persen.

Hidrasi adalah upaya terbaik untuk mencegah penyakit ini datang. Hidrasi dapat memperbanyak volume urin dalam saluran kemih yang akan mampu membawa koloni bakteri keluar dari tubuh. Dengan air tubuh seimbang, dampak lain yang dirasakan ialah sistem metabolisme yang lancar dan fungsi ginjal yang terlestarikan.

Batu saluran kemih


Angka kejadian penderita penyakit ini memang masih sangat kecil di Indonesia. Penyakit ini, justru banyak terjadi menyerang negara-negara di Eropa dan Amerika. Penyakit ini lebih banyak ditemukan pada pria, yang berpotensi menyebabkan batu ginjal. Pemicu dari penyakit ini, salah satunya adalah diet yang tak tepat. Diet yang terlalu banyak melibatkan protein, akan menyebabkan kadar kalsium urin lebih tinggi, sehingga semakin berisiko memiliki batu saluran kemih ini.

Hal lain, yang memicu terbentuknya batu saluran kemih ini adalah komposisi urin. Komposisi urin, tentunya tak terlepas dari peran hidrasi dalam tubuh. Dengan hidrasi yang seimbang, proses pembentukan batu dalam saluran kemih akan melambat, bahkan berkurang. Bersambung... (asp)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi



Baca juga:

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024