Enam Langkah Tetap Sehat di Musim Hujan

Ilustrasi bot dan payung
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Memasuki akhir Januari, sejumlah wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan. Perubahan cuaca ini tentunya bisa memengaruhi kondisi tubuh.

Penyakit seperti flu dan pilek akan mudah menyerang, apalagi saat kekebalan tubuh melemah. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber tujuh langkah agar Anda tetap sehat di musim hujan:

Cuci tangan

Saat musim hujan, bakteri dan virus biasanya tumbuh subur. Bakteri dan virus tersebut bisa saja menempel pada bangku dan pegangan di transportasi umum. Oleh karena itu pastikan untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun

Jangan sentuh wajah

Virus flu umumnya memasuki tubuh lewat mata, hidung, dan mulut. Hindari menggosok mata atau menyeka keringat di wajah dengan tangan. Sebagai gantinya, gunakan sapu tangan.

Lindungi diri dari air kotor

Genangan air kotor merupakan pemandangan yang jamak ditemui saat musim hujan. Namun, genangan air ini sesungguhnya adalah sumber dari penyakit, seperti flu dan diare.

Selain menggunakan jaket, ada baiknya Anda mulai mengganti sepatu karet dengan bot. Tujuannya, untuk menghindari tubuh kontak langsung dengan air kotor.

Hindari jajanan pinggir jalan

Bakso hangat di pinggir jalan memang menggoda untuk disantap saat musim hujan. Telebih  saat Anda dalam keadaan lapar. Namun, untuk sementara ini hindari menyantap makanan yang dijual di pinggir jalan karena dikhawatirkan rentan dengan bibit penyakit dan bakteri.

Tak ada salahnya mulai saat ini Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Selain bisa berhemat, tentunya kebersihan makanan lebih terjamin.

Minum air putih

Dinginnya cuaca saat musim hujan terkadang membuat seseorang abai dengan asupan air putih. Padahal, asupan air putih yang cukup bisa mencegah seseorang rentan terkena penyakit saat musim hujan. Selain itu, mulailah mengonsumsi jus buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Cegah demam berdarah


Selain flu, ada penyakit lain yang mengintai saat musim hujan karena banyaknya genangan air. Penyakit tersebut adalah demam berdarah dengue (DBD).

Untuk mencegah DBD, Anda dapat melakukan 3M, yakni menguras bak mandi dan penampungan air, menutup rapat penampungan air, dan mengubur kaleng bekas. (ren)

Siang Hingga Malam Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan

Baca juga:

Hindari Parkir di Empat Tempat Ini Saat Musim Hujan




Trik Merawat Rambut saat Musim Hujan
Car Free Day

Prakiraan Cuaca Jakarta dan Sekitarnya Pagi Hari Ini

Beberapa wilayah Jakarta akan mengalami hujan dengan intesitas ringan.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2016