4 Langkah Praktis Buat Selai Sehat di Rumah

Ilustrasi selai buah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Hampir semua jenis buah-buahan dapat dijadikan selai lezat pendamping roti atau topping kue. Namun, produk selai yang biasa Anda beli di supermarket umumnya mengandung kadar gula tinggi dan pengawet yang tentu saja jika dikonsumsi secara terus-menerus akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Untuk itu, mengapa tidak mulai membuat selai sendiri di rumah? Dengan begitu, Anda dapat mengatur kadar gula yang digunakan serta memilih sendiri buah yang akan digunakan. Tak hanya itu, Anda juga dapat berkreasi dengan mengombinasikan beberapa jenis buah untuk menciptakan cita rasa baru.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips membuat selai di rumah seperti yang dilansir dari Taste.com.au:

1. Saat akan membuat selai, usahakan untuk memilih buah yang matang agar selai Anda tidak terlalu asam. Selain itu, penting untuk mencicipi selai saat dimasak agar Anda bisa menambahkan gula ketika rasanya kurang manis.

2. Pastikan untuk menambahkan gula sedikit demi sedikit agar rasa selai Anda tidak terlalu manis. Untuk perbandingan, setiap cangkir buah potong membutuhkan satu cangkir gula pasir.

3. Untuk membuat selai yang lezat, Anda harus mengatur keseimbangan rasa. Oleh karena itu, ketika Anda membuat selai dari buah rendah asam seperti aprikot, peach atau stroberi, tambahkan buah citrus untuk memberikan sentuhan rasa asam yang akan membuat selai terasa fresh. Buah citrus yang dapat Anda gunakan mulai dari jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk limau, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan buah tinggi asam lainnya seperti ceri, apel hijau, nanas, raspberry, dan plum.

4. Untuk hasil terbaik, selalu masak selai dalam jumlah sedikit. Dengan begitu, waktu memasak akan lebih singkat dan warna serta rasa alami buah yang digunakan pun akan bertahan. (art)

Baca juga:

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder





Ilustrasi rempah

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau menghadap ke arah jendela.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016