Mencicip Sedap Iwak Kali dan Sambal Lombok Ijo

Ilustrasi ikan goreng
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda yang menyukai kuliner khas daerah, Temanggung, Jawa Tengah adalah surga. Sebab, di daerah yang tradisi Jawanya masih lekat ini, banyak sekali kuliner khas yang ditawarkan. Salah satunya kuliner Iwak Kali Bu Lis.

Dari namanya, kuliner ini adalah jenis ikan yang sering hidup di sungai. Namun,  rasanya tak seperti ikan-ikan lain yang dipelihara di kolam ikan. Jenis iwak kali yang disajikan pun beragam, bahkan ada juga ikan yang tidak bisa dipelihara oleh warga. Nah, jenis ikan ini yang menjadi buruan pembeli di Temanggung.

Namanya ikan wader, ikan gabus, uceng, ikan beong, dan ikan melem. Ikan-ikan itu adalah jenis ikan yang hidup di air tawar, utamanya sungai-sungai yang aliran arusnya cukup dingin.

Salah satu yang menjual kuliner itu adalah warung makan Bu Lis, di Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Lokasinya yang berada di jalur lintas kabupaten itu banyak diserbu pembeli, utamanya para pejabat yang singgah di Temanggung.

Di warung Iwak Kali Bu Lis, tersaji berbagai jenis ikan sungai yang mengalami hasil tangkapan warga. Warung yang berdiri sejak 2007 itu, kini bahkan telah melayani antarlangsung di sejumlah luar daerah.

"Tiap hari ramai, tapi paling ramai tiap akhir pekan," kata Bu Lis kepada VIVA.co.id di Temanggung, Jumat 23 Januari 2015.

Berbeda kuliner daerah lain, harga yang ditawarkan untuk jenis iwak kali ini pun cukup terjangkau. Pembeli hanya harus merogoh kocek Rp20 ribu untuk satu porsi makanan. Menunya meliputi, jenis ikan yang dipilih, nasi merah, sambal lombok ijo, dan minuman.

Tak hanya menyajikan makanan siap saji, Bu Lis juga menjual ikan kali yang dibungkus rapi dalam toples-toples kecil. Toples itu berisi berbagai jenis ikan kali yang berukuran kecil.

"Khusus uceng adalah yang paling mahal. Satu toplesnya seharga Rp35 ribu. Karena ikan jenis ini sulit didapatkan dan rasanya yang gurih, " ujar dia.

Selain jenis ikan uceng, ikan lain yang dibungkus rapi anatara lain, ikan wader Rp23 ribu/bungkus dan udang krispi Rp25 ribu/bungkus.

Tia (25) salah seorang pembeli asal Banyumas mengaku, warung makan Iwak Kali Bu Lis memang menjadi favoritnya bersama keluarga tiap kali berkunjung di Temanggung. Selain harga yang terjangkau, tapi suasana warung yang bernuansa sederhana ala Jawa, juga membuat konsumen kerasan.

"Masakannya sedap. Biasanya favorit keluarga adalah ikan uceng dengan sambal hijau yang khas dengan sayur. Di tempat saya ikan itu sudah susah dicari di sungai," ujar Tia. (art)

Baca juga:

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital





Suasana Pasar Senggol di Summarecon Mall Bekasi.

Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol

Event digelar 28 Maret sampai 28 April 2019 di Summarecon Mall Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2019