Gara-gara Komik, Aktor Marcelino Lefrandt Sabet MURI

Marcellino Lefrandt di acara MURI
Sumber :
  • Dokumen MURI

VIVA.co.id - Aktor Marcelino Lefrandt mengaku bangga dengan pencapaian dari kerja kerasnya selama ini menjadi seorang komikus. Komik Volt yang selama ini dibanggakannya dan dibaca oleh belasan ribu anak Indonesia mengantarkannya menjadi salah satu penyabet piagam MURI (Museum Rekor Indonesia).

Selain aktor Marcelino Lefrandt, sederet nama komikus seperti Hans Jaladara, pencipta tokoh komik Panji Tengkorak, Andi Wijaya (pendiri PT Bumi Langit, pemilik hak cipta penerbitan Si Buta dari Gua Hantu, Gundala), dan Franki Indrasmoro alias Pepeng Naif (pencipta komik setan jalanan) juga mendapatkannya.

“VOLT kan baru dua tahun, baru terbit delapan edisi. Penghargaan ini membuat saya dan pencipta VOLT lainnya, seperti Aswin Siregar dan Sarjono Sutrisno menjadi merasa diperhatikan. Komik Indonesia, tentu bagus untuk edukasi anak-anak yang penuh imajinasi," kata Marcellino, Minggu 25 Januari 2015.

Sementara itu, inisiator MURI, Jaya Suprana, yang juga menggelar pameran komik ini mengatakan optimistisnya akan banyak generasi muda, setelah ini (komikus) yang menelurkan karya-karya baru.

“Generasi muda sekarang lebih tahu komik luar, padahal komik tertua sesungguhnya ada di Indonesia, yakni yang terdapat dalam relief Candi Borobudur. Walau tanpa kata-kata, relief tersebut menggambarkan kisah yang luar biasa, ini yang seharusnya membuat kita bangga,” kata seniman kelahiran 27 Januari 1949.

Sementara itu, berdasar rilis yang diterima VIVA.co.id, pendiri PT Bumi Langit yang memegang hak cipta Gundala, Si Buta Dari Gua Hantu serta Godam, Andi Wijaya mengatakan tengah menggodok film Gundala Putra Petir yang akan diproduksi bersama Hanung Bramantyo dan direncanakan rilis pada 2016 mendatang.

Pria yang mendirikan komunitas komikindonesia ini juga berkisah, ketika mencari naskah asli untuk mencetak ulang komik Indonesia. Andi merasa kecewa sekali dengan perlakuan kepada naskah aslinya tersebut. Mengapa?

”Saat saya mencari naskah aslinya, eh baru ketahuan, ternyata naskah aslinya setelah dibuat film, malah dijadikan lap pembersih mesin percetakan. Duh… rasanya kecewa banget. Padahal, naskah asli itu kan salah satu hal yang berharga dari sebuah komik," katanya. (asp)

Dewi Rezer Resmi Menjanda

Baca juga:

Dewi Rezer Kesal Tak Pernah Bertemu Suami di Persidangan

Dewi Rezer

Cerai dari Dewi Rezer, Marcellino Dapat Hak Asuh Anak

Dewi mengakui mantan suaminya memang lebih sayang kepada anak-anaknya.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016