Berpetualang di Goa Jomblang Sambil Menikmati Cahaya Surgawi

Gua Jomblang.
Sumber :
  • Indonesia Travel

VIVA.co.id - Kota Yogyakarta, ternyata tidak hanya menyimpan keindahan pantai, gunung, dan candinya saja. Tetapi, kota ini juga terdapat sebuah warisan alam yang telah berumur ratusan tahun yang telah ditemukan di Gunung Kidul. Goa Jomblang namanya, tepatnya berada di Desa Jetis Wetan, Kabupaten Gunung Kidul, D.I Yogyakarta.

Cahaya Surgawi yang Kasat Mata di Gua Jomblang

Jika Anda mengunjungi tempat ini, bisa melakukan perjalanan dari pusat kota dengan menempuh jarah 50 kilometer, atau 10 kilometer dari Wonosari. Goa ini menawarkan petualangan yang istimewa, meskipun namanya belum familiar di telinga wisatawan umum.

Namun, pecinta alam backpackers sudah banyak yang mengenalinya. Dulunya pada 2011, Goa Jombang pernah diperkenalkan di dunia melalui siaran CBS TV dalam acara The Amazing Race.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Menurut Indonesia Travel, Goa Jomblang bentuknya cenderung vertikal. Goa ini terbentuk melalui proses geologi, ketika tanah dan semua vegetasi di atasnya runtuh pada ribuan tahun yang lalu. Mulut di Goa Jomblang bediameter sekitar 50 kilometer yang sekaligus berfungsi sebagai pintu masuk. Bentuknya yang vertikal, membuat warga sekitar sering menyebutnya Luweng Jomblang.

Terdapat empat trek berbeda dengan ketinggian bervariasi di goa ini. Pertama adalah VIP trek yang memiliki 15 meter rute jalan kaki diatas lereng curam dan 20 meter rute SRT, yang merupakan trek paling termudah di antara ketiga trek lainnya.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Tiga trek lainnya, memberikan tantangan lebih sulit, karena pengunjung harus menuruni garis SRT, dengan ketinggian 80 meter untuk trek A, 60 meter untuk trek B, dan 40 meter untuk trek C.

Untuk memasuki tempat ini, Anda harus mempunyai keahlian caving yang memadai. Ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan untuk mencapai ke Goa, yaitu tali yang digunakan untuk naik turun secara vertikal.

Bagi Anda yang pemula, tidak perlu khawatir di sekitar lokasi banyak terdapat penjelajah goa profesional yang siap membantu Anda. Selain itu, di bagian utara terdapat stalagmit sungai yang dapat Anda nikmati saat musim kemarau. Anda bisa menjelajahinya dengan menggunakan perahu karet yang dapat menghubungkan ke goa lainnya.

Hal ini akan menjadikan petualangan yang tidak akan terlupakan, ketika kaki Anda menapak ke dasar goa. Anda akan menemui sebuah keindahan interior alam goa. Goa Jomblang juga disebut hutan alam, karena banyak pepohonan yang rimbun, tanaman pakis, dan semak-semak. Flora di goa ini tidak pernah berhenti tumbuh, sehingga membentuk ekologi yang unik.

Keindahan lain di goa ini, yaitu sinar matahari yang menembus goa menciptakan tontonan menakjubkan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Cahaya itulah yang menerangi stalaktit dan stalagmit, sehingga lantai goa begitu terang dan cantik. Tidak jarang banyak pengunjung menyebutnya dengan Cahaya Surgawi. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya