Kenali Gejala Penyakit Lewat Kuku

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dalam urusan kecantikan, kuku adalah salah satu hal yang memiliki peran penting. Kecantikan kuku dapat menambah kepercayaan diri seseorang. Salon-salon kecantikan kini juga memiliki berbagai perawatan kuku, seperti manikur, pedikur, dan pilihan perawatan lainnya.
 
Harga perawatannya beragam. Dari yang paling murah, hingga yang paling mahal, dengan oleh-oleh berlian menempel di kuku Anda. Namun kebanyakan dari Anda belum mengetahui bahwa kuku juga bisa menjadi salah satu tanda yang diberikan tubuh jika sedang terkena penyakit.

Gejala penyakit dapat terlihat dari warna, tekstur, dan kebersihan kuku. Jika Anda terkena penyakit, maka kuku akan berubah bentuk dan warna dari sebelumnya. Hal itu dikemukakan John Knox, MD, seorang dokter dari Seattle. John mengatakan, "Berbagai kondisi kesehatan dapat terlihat jelas dari kuku." Selain itu, kuku juga dapat memperkirakan berapa lama seseorang telah sakit.

Everyday Health melansir, deteksi penyakit lewat kuku terlihat dari warna. Warna kuku yang kusam dan agak menguning bagai jamuran, penyakit yang terindikasi adalah penyakit paru-paru. Kuku lunak, bengkok, dan munculnya kulit-kulit kecil di sekitar kuku, juga mengindikasikan penyakit dalam tubuh.

Nutrisi yang kurang, menurut John adalah latar belakang dari perubahan kuku yang juga menandakan datangnya penyakit. Untuk itu, sangat penting bagi Anda menjaga kesehatan tubuh dengan melengkapi nutrisi dalam tubuh dengan makanan sehat.

Baca juga:

Serba-serbi Merawat Kuku Tangan dan Kaki


Kuku sehat

Empat Senyawa Penting yang Mampu Memperkuat Kuku

Kuku kering dan berwarna gelap bisa jadi tanda kekurangan vitamin.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016