Mereka Berkata, Surga Dunia Itu Indonesia

Paris Hilton di Bali
Sumber :
  • daily mail

VIVA.co.id - Sudah sejauh mana Anda menjelajah Indonesia?  Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia bagai hamparan permadani dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya.

Bukan hanya masyarakat domestik yang terkesima, penduduk dunia bahkan ikut jatuh cinta.

Salah satunya, pria asal Belanda, Bart Bookelmann. Uniknya, Bookelmann justru terpikat dengan pesona Indonesia tempo dulu.

Banyak foto wajah Indonesia tempo dulu ia pajang dalam akun Facebook miliknya bernama Indonesia Tempo Dulu. Mulai dari wajah Jakarta tempo dulu hingga potret majalah Indonesia tempo dulu. Banyak yang tak menyangka, pemilik akun itu ternyata bukan berkebangsaan Indonesia.

Bookelmann mengaku sejak sekitar tahun 2012 mulai mengoleksi foto-foto masa lalu penampakan sejumlah wilayah di Indonesia. Alasannya simpel, karena ia cinta Indonesia.

"Saya suka Indonesia, banyak teman-teman saya berasal dari Indonesia dan saya suka sejarah Indonesia," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id lewat akun Facebook nya.

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Jalan Harmoni tempo dulu
Jalan Harmoni, Jakarta tempo dulu (Sumber: Facebook Indonesia Tempo Dulu)

Banyak hal yang memotivasinya untuk terus mengoleksi beragam foto tempo dulu wajah Indonesia. Dia selalu ingin tahu, soal kisah masa lalu suatu tempat di Indonesia, terutama, tempat yang pernah ia kunjungi.

"Foto-foto lama, selalu memberikan kemungkinan untuk melihat ke masa lalu," katanya lagi.

Berkunjung ke Indonesia

Begitu banyak hal yang membuat Indonesia terasa begitu istimewa untuk pria asal Belanda ini. Mulai dari makanan khasnya, keramahan orang-orang di Indonesia, sejarahnya, budayanya, bahkan keindahan alamnya. 

Kecintaan Bookelmann pada Indonesia pun membuatnya selalu ingin datang berkunjung ke Tanah Air. Meski saat ini ia tinggal menetap di Belanda, tapi beberapa kali ia datang berwisata ke Indonesia. Banyak tempat ia kunjungi, bahkan sejarah tentang tempat yang ia datangi terus digali. "Ya, saya  berkali-kali ke Indonesia," ujarnya.

Mulai dari sejumlah wilayah di Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Malang), Bali (Denpasar, Ubud, Lovina, Seminyak dan Sanur), Lombok (Mataram dan Sengigi), Sulawesi (Makassar dan Toraja) hingga Pulau Sumatera (Palembang) telah ia jelajahi.

Diakui Booklemann, saat berkunjung ke Indonesia, ia juga sering berburu foto tempo dulu. Sebagian besar, katanya, ia peroleh dari sejumlah museum di Indonesia. Sebagian besar lainnya, ia dapat dari internet.

"Banyak juga dari database sejarah Belanda. Dan saya juga memiliki koleksi pribadi dari kartu pos lama."

"Saya mengumpulkan kartu pos lama dari Indonesia tetapi juga, dari  model logam pesawat terbang, film di DVD/Blu Ray (selain film-film Hollywood juga film Indonesia dan film dokumenter tentang Indonesia) dan buku-buku tentang Indonesia."

Bookelmann juga menuturkan, banyak foto tempo dulu yang membuatnya terkesan. Bahkan ia sering berharap, orang atau tokoh yang menjadi objek foto itu bisa hidup bahagia hingga sekarang.

"Saat datang ke Indonesia, saya membuat banyak foto. Banyak tempat dan bangunan lama yang telah saya foto. Saya ingin menggunakannya untuk membandingkan foto tempo dulu dan foto sekarang dan mempostingnya di website saya." Bookelmann mengaku, tak berniat menjual koleksinya.

Sebagai pria asing yang jatuh cinta pada Indonesia, sering pula terbesit dalam pikirannya untuk tinggal menetap di Indonesia. Bahkan Bookelmann punya impian yang tak biasa. Ia berharap bisa memenangkan lotre di Belanda, kemudian bisa membeli apartemen di Jakarta dan sebuah villa di Bali.

"Jika impian itu tercapai, saya akan menghabiskan setengah tahun di Indonesia dan setengah lainnya di Belanda. Saya ingin bolak-balik Indonesia-Belanda."

Blogger Amerika

Bukan hanya Bookelmann yang jatuh hati pada pesona Indonesia.  Pria asal Austin, Texas, Amerika Serikat, Robert Schrader juga ikut jatuh cinta.

Tapi berbeda dengan Booklemann, dia justru terpesona dengan keindahan alam Indonesia.

Mengunjungi Indonesia pada awal 2014 dan kemudian mengunggah sebuah tulisan di blognya, Leave Your Daily Hell, yang memang memfokuskan pada tulisan dan destinasi pelesir di berbagai negara.

Tulisan beserta foto yang berjudul: “30 Pictures That Will Make You Want to Visit Indonesia” itu sangat menarik perhatian dan menjadi promosi tersendiri bagi pariwisata Indonesia. Bagaimana tidak, Schrader menulis cerita yang begitu menyentuh.

Schrader mengatakan selama satu bulan berpetualang di Indonesia, dia merasa begitu berutang pada masyarakat Indonesia.

“Penduduk Indonesia begitu ramah dan ketika digabungkan dengan keindahan dan keanekaragaman budaya serta panorama negara mereka, menjadikan kunjungan saya selama satu bulan sebagai pengalaman terbaik dalam hidup saya,” tulis Schrader.

Dia juga mengungkapkan, sebelumnya dia merasa cemas akan kunjungannya ke Indonesia, berkaitan dengan semua pemberitaan yang tersebar di media. Namun saat menginjakkan kaki di Jakarta, semua kekhawatiran itu mendadak lenyap.

“Dari kota yang sibuk di Jakarta, pengalaman menakjubkan melihat orangutan liar dalam hutan, mendaki gunung berapi, hingga menikmati surga tersembunyi, Indonesia terbukti sebagai negara yang sangat kaya dan sangat indah,” papar Schrader.

Tidak ketinggalan dia melengkapi semua kisahnya dengan foto-foto yang begitu cantik. Beberapa foto yang mencuri perhatian adalah saat Schrader berkunjung ke Kalimantan dan melihat secara langsung kehidupan orangutan di alam liar, begitu juga dengan kunjungannya ke Yogyakarta yang diselimuti asap dan debu vulkanik Gunung Kelud yang saat itu tengah erupsi, serta relaksasi Schrader di Raja Ampat, bintang wisata bahari Indonesia saat ini.

Tidak hanya itu, di akhir blognya, Schrader menulis Indonesia bukan sekadar negara yang hanya cukup disinggahi.

“Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Indonesia, segera kemasi ransel Anda dan pesan penerbangan berikutnya ke Jakarta!”

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara

Robert Schrader, saat berkunjung ke Yogyakarta
Robert Schrader menumpang becak saat berkunjung ke Yogyakarta. (Leave Your Daily Hell/Robert Schrader)

Siapakah Schrader?

Berawal dari cita-cita berkeliling dunia, Schrader mulai menulis blog pada 2010, disaat dia memutuskan untuk berhenti kerja dan melakukan perjalanan. Tidak dinyana, blog Schrader yang bercerita tentang sisi lain perjalanan itu, dibaca ribuan orang.

Kini, Leave Your Daily Hell dibaca 100 ribu kali per bulan dan kerap dijadikan sumber inspirasi bagi media besar layaknya The Huffington Post, Business Insider, juga About.com.

Artis Hollywood Ikut Promosi Indonesia

Selain Bookelmann dan Schraader, sejumlah artis dunia juga ikut terpana pesona Indonesia. Salah satunya, sosialita cantik Paris Hilton.

Baru-baru ini, ia pun berkunjung ke Bali. Antusiasmenya berlibur di Pulau Dewata ini bahkan ia gambarkan lewat akun Twitter dan Instagramnya.

Berbagai foto juga video ia unggah, untuk memamerkan pesona Indonesia pada dunia. Secara tak langsung, Paris ikut mempromosikan kecantikan nuansa Bali pada masyarakat dunia.

Mulai dari perjalanannya menuju ke Bali hingga menginap di sebuah hotel mewah bernuansa khas Bali, ia rekam dalam video 24 Januari 2015 lalu. Sambil menulis, "Arriving into Bali. Beautiful Bali Clouds @ In the Sky," tulisnya.

Berkali-kali, ia juga memuji keindahan Bali. "Life is Beautiful in Bali," tweet nya lagi.

Hingga hari ini, Paris masih berada di Bali. Bahkan kedatangannya di Bali kali ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Paris juga pernah berkunjung ke Bali pada 2011 lalu.

Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang

Paris Hilton di Bali
                 Paris Hilton saat liburan di Bali

Saat kunjungan pertamanya di Bali, Paris juga pernah mengatakan, Bali sebagai surga sesungguhnya.

“Bali adalah surga murni. Saya tidak percaya saya tidak datang ke sini lebih cepat! Saya telah melihat begitu banyak tempat indah di seluruh dunia, tapi saya benar-benar percaya bahwa Bali adalah salah satu tempat paling luar biasa yang pernah saya datangi,” ungkap Paris dikutip dari situs resminya.

Artis Korea

Tak hanya Paris Hilton yang terpikat pada pesona Bali. Sejumlah artis dan aktor Korea Selatan juga berkali-kali berkunjung ke Bali.

Selain untuk menikmati liburan, tak jarang para artis papan atas Negeri Ginseng itu, datang ke Bali untuk sesi foto. Seperti yang dilakukan aktor tampan Korea, Jung Il Woo.

Bintang drama 49 Days ini menggunakan momen tersebut untuk menikmati pemandangan indah di Pulau Bali. Ia melakukan pemotretan dengan tema liburan untuk BNT International.

Sejumlah pose Jung Il Woo sudah beredar di dunia maya. Salah satu yang menarik perhatian adalah posenya saat beraksi di mobil sport mewah. Ia terlihat mengemudikan mobil itu, dengan mengenakan sweater rajutan hitam dan berkacamata.

 Jung Il Woo liburan di Bali

Seperti dikutip dari KpopHerald, di foto-foto lain ada yang diambil di sebuah kamar. Foto itu diabadikan di Resor Mulia. Ia tampak berpose di sebuah tempat tidur besar dengan kemeja putih.

Namun, foto yang paling menarik perhatian adalah saat bintang drama The Moon That Embrace The Sun ini telungkup dengan bahu telanjang.

Diakui aktor berusia 27 tahun, ia sangat terkesan dengan keindahan Pulau Bali, terutama Pura Uluwatu.

"Itu yang paling berkesan dan terekam baik di memori. Saat saya ada di sana, matahari terbenam dan itu sangat indah," ujarnya.

Ia tak ingin melewatkan momen spesial itu untuk dirinya saja. Ia juga membuat video, agar penggemarnya dapat merasakan indahnya pemandangan di Bali.

"Karena itu adalah pemandangan yang indah, saya ingin memperlihatkannya ke penggemar saya," ujarnya. Ia pun telah mengunggah video itu di situs jejaring sosial pribadinya.

Selain Jung Il Woo, Yoochun, beberapa selebritas top Korea lainnya juga tercatat pernah menyambangi Bali. Mereka di antaranya, personel boyband JYJ, Yoochun bintang Boys Before Flowers, Kim Hyun Joong, personel After School, UEE, dan personel SNSD, Jessica. (umi)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya