Kolam Sejukkan Taman

VIVAnews - Kehadiran sebuah taman pada hunian akan membawa suasana asri. Keindahannya bisa menyejukkan mata dan jiwa. Selain elok dilihat, taman juga membawa sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Desain taman dengan sebuah kolam di dalamnya bisa menambah sejuk suasana sekitarnya. Menurut ilmu feng-shui, elemen air yang berkarakter tenang dan dingin, bisa memberi keseimbangan bagi elemen lainnya. Pada saat udara panas, uap air dari kolam bisa mendinginkan udara di sekitar taman.

Membuat kolam di taman tidak sulit, kok. Kita bisa membuat taman dengan desain sederhana, namun tetap indah. Di lahan terbatas pun, kita sudah bisa sebuah kolam di taman.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Tapi kolam memerlukan perawatan rutin agar tetap terjaga kebersihannya dari lumut dan tumbuhan pengganggu. Agar tak repot, buatlah kolam dengan desain yang simpel, mudah pembuatannya maupun perawatannya.

Sebuah kolam juga memerlukan asesoris untuk memperkuat kesan artistik. Bagaimana mempercantik kolam taman Anda? Yuk, simak tipsnya!

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Batu alam
Jadikan batu alam sebagai aksen natural pada kolam taman. Banyak ragam batu alam yang bisa jadi pilihan, antara lain batu kali, batu paras, batu palimanan, atau koral sikat. Setiap batu memiliki karakter.

Sesuaikan batu dengan desain gaya kolam yang diinginkan. Batu kali hitam yang berkarakter kuat memberi kesan adem, bisa diaplikasikan pada kolam bergaya modern tropis hingga minimalis. Batu paras dengan warna krem cerah paling sering digunakan untuk kolam bergaya Bali atau Mediterania.

Pancuran
Tak lengkap kolam tanpa gemericik suara air. Buatlah pancuran atau air mancur di tengah atau tepi kolam. Air mancur menjadi aksen yang membuat kolam makin terlihat segar. Pastikan sirkulasi air lancar sehingga air mengalir tanpa hambatan.

Ikan
Anda bisa memelihara ikan hias di dalam kolam. Kecipak ikan yang berenang membuat kolam lebih hidup. Tapi Anda harus lebih rajin melakukan pemeliharaan. Anda juga harus membuat pompa untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam air yang diperlukan ikan.

Tanaman air
Letakkan tanaman air di dalam atau di tepi kolam. Tanaman air banyak ragamnya, antara lain lotus, heliconia air, melati air, dan lain-lain. Pastikan tanaman mendapat cukup cahaya matahari agar bisa berbunga.

Ornamen
Hias kolam dengan pernik-pernik unik, misalnya patung-patung hewan, gentong tanah liat, dan sebagainya. Tak perlu patung yang besar, patung-patung kecil dengan desain unik akan menjadikan taman lebih menarik. Bila kolam cukup besar, Anda bisa membuat ornamen jembatan di tengahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya