- iStock
VIVA.co.id - Dikatakan bahwa meja berantakan adalah refleksi dari otak berantakan. Jangan biarkan hal tersebut mengganggu kreativitas dan pekerjaan Anda di kantor.
Berikut adalah bagaimana mengatur meja Anda menjadi lebih teratur agar bisa mendapatkan ruang lebih banyak untuk bekerja, seperti dilansir laman Times of India.
Langkah pertama
Bila meja kantor berantakan, bagilah menjadi sebuah zona. Hal ini tidak hanya membuat bersih, tapi terorganisasi. Mulailah dengan menyingkirkan barang-barang dari meja Anda, kecuali barang-barang penting, seperti komputer atau printer.
Pilihlah barang yang benar-benar penting untuk Anda gunakan, contohnya pensil, pulpen, dokumen penting. Usahakan menyimpan barang tersebut di laci meja Anda.
Langkah kedua
Tempatkan lembar kertas dalam sebuah kotak di meja. Usahakan menyimpan barang-barang kecil yang digunakan dalam lemari terpisah. Cobalah menjaga segala sesuatu di dalam laci, bukan di atas meja.
Ketika Anda memakai sesuatu, usahakan menaruhnya di tempat semula. Hal ini dapat membuat meja Anda selalu rapi dan bersih. Ketika ada barang yang tidak digunakan untuk selalu menaruhnya langsung di tempat sampah, jangan biarkan menetap di meja Anda.
Langkah ketiga
Ingat masalah tidak pada ruang, masalahnya terletak pada kenyataan bahwa barang Anda terlalu banyak. Jangan gunakan barang yang tidak perlu, tapi usahakan yang penting saja. Kerapian di komputer atau email juga sangat penting.
Jadi pastikan Anda mengatur file pada komputer dan membuang email masuk yang sudah tidak diperlukan. Hal ini dapat membuat Anda tidak susah untuk mencari file atau email yang diinginkan.
Hal ini mungkin terlihat sulit, tapi dengan kebiasaan yang dilakukan setiap saat, hal ini bisa membuat meja Anda selalu terlihat bersih dan rapi. (art)
Baca juga: