Menguak Misteri Kota Hantu Bhangarh di India

Bhangarh, India
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mendengar nama kota Bhangarh, pasti sangat asing di telinga masyarakat Indonesia. Tapi, bagi Anda yang suka berpetualang mengunjungi tempat wisata angker, mungkin Bhangarh bisa jadi pilihan tempat tujuan wisata petualang Anda.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Kota ini memiliki kisah misteri yang konon justru menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Seperti dilansir Happy Trips, kota ini terletak sekitar 300 kilometer dari Delhi, kota ini pernah hancur di Rajasthan dan terkenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di India.

Bhangarh, India

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar


Bhangarh sebuah daerah di antara perjalanan dari Jaipur ke Alwar. Beberapa legenda yang beredar membuat tempat ini dikenal sebagai yang terangker di India. Bhangarh kini menjadi kota sepi tak berpenghuni tapi tetap menjadi tempat wisata.

Kota ini awalnya didirikan pada  1631 oleh Madho Singh yang merupakan anak pertama dari Mughal, Man Singh dari Amber. Menurut sejarah, kota ini telah ditinggalkan secara terburu-buru oleh penduduknya beberapa abad kemudian karena adanya kutukan oleh seorang penyihir Guru Balu Nath.

Dia bersumpah bahwa semua orang di istana akan mati bergelimpangan dan jiwa mereka akan tinggal di sana selama berabad-abad lamanya tanpa kelahiran kembali.

Warga setempat percaya bahwa tantrik yang memiliki mantra itu tetap tinggal di kota Bhangarh karena cinta tak berbalas nya untuk Ratu Ratnavati.

Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon

Bhangarh, India

Seluruh isi kota dikutuk kecuali kuil-kuil yang paling penting di sini yaitu Kuil Hanuman, Gopinath Temple dan Naveen Temple, dan Purohitji ki Haveli. Sementara sebagian besar dari reruntuhan terawat baik, kini Bhangarh hanya bayangan sebuah kota yang memiliki kejayaan pada masanya.

Terlepas dari itu, Bhangarh tetap menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer.  Namun, sebuah Survei Arkeologi India (ASI) memberi peringatan bahwa pengunjung tidak diperbolehkan berlama-lama di daerah ini saat matahari tenggelam sebab kutukan itu akan datang kepada pengunjung.

Bhangarh, India

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya