Kenali Gejala Umum dari Lupus

Perut kembung.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Penyakit lupus adalah salah satu penyakit berbahaya. Sayangnya, di Indonesia, pengetahuan dan pelayanan terhadap penyakit yang menyerang sistem imun manusia ini masih sangat kurang. Bahkan, tidak ada sama sekali. 

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Bentuk pencegahannya pun sangat jarang dilakukan, karena belum banyak yang sadar akan bahaya dari penyakit ini. 

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Naomi Tobing, seorang aktivis yang bergerak dalam program edukasi masyarakat akan penyakit lupus, mengatakan penting bagi setiap orang mengenali gejala-gejala lupus. Hal ini karena jika luput dari perhatian, bisa saja lupus merenggut nyawa Anda, keluarga maupun orang tercinta.

Selain itu, pendeteksian akan lupus juga perlu, mengingat gejala-gejalanya yang tidak dapat diduga dan tidak nampak pada tubuh.

Orang dengan penyakit lupus, atau yang dikenal dengan Odapus, biasanya akan mengalami beberapa kelaninan pada tubuh, yang seringkali disepelekan. Gejala-gejala yang bisa menjadi tanda dari penyakit lupus ialah nyeri sendi, mudah lelah, sering pingsan, dan ruam merah saat terkena paparan sinar matahari.

"Dari keempat gejala itu saja, jika terjadi secara terus-menerus, dan semakin parah, bisa dipastikan Anda terkena lupus dan memerlukan penanganan segera." Ujar Naomi, di sela-sela Talkshow For Lupus from Women di Jakarta, Jumat 30 Januari 2015.

Naomi menambahkan, pendeteksian dan pencegahan terhadap penyakit lupus ini sangat penting, "Karena, Odapus itu harus mengonsumsi obat seumur hidup. Jika terlambat, nyawa yang jadi taruhannya." tambah Naomi. 

Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk memperdalam pengetahuan tentang penyakit lupus, yang menyerang lebih dari 10 ribu jiwa, di mana sembilan dari 10 penderitanya adalah wanita. (asp)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya