Cara Mudah Redakan Stres

Kebiasaan wanita saat makan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Padatnya kesibukan harian saat ini tak hanya menyita waktu istirahat Anda, tetapi juga waktu makan Anda. Hal ini pun berpengaruh pada pola makan masyarakat saat ini yang serba cepat. Padahal menyantap makanan secara buru-buru memiliki dampak negatif tak hanya pada tubuh tetapi juga kehidupan sosial.

Langkah Tentukan Prioritas agar Tujuan Tercapai

Untuk itu, cobalah makan lebih perlahan. Selain bagus bagi kesehatan secara keseluruhan, makan perlahan juga memiliki sederet manfaat lain, seperti dilansir laman Boldsky berikut ini:

Delapan Makanan Sehat yang Dibutuhkan Wanita

Sebagai sarana pereda stres

Meredakan stres dapat diatasi dengan berbagai macam terapi seperti yoga, hal ini tak berbeda dengan makan secara perlahan menikmati rasa dari makanan tersebut.

Jadi Istri Wakil Bupati, Novita: Saya Jadi Jarang Lulur

Mendapatkan rasa makanan secara sempurna

Dengan menyantap hidangan perlahan Anda akan lebih mengetahui dan merasakan rasa dari makanan tersebut. Tak hanya membuat palet atau indera perasa Anda menjadi lebih peka, namun juga memberikan perasaan puas pada diri sendiri setelah menyantapnya perlahan.

Penurunan berat badan

Ternyata menyantap perlahan dapat membantu usaha penurunan berat badan Anda. Dengan menyantap perlahan Anda akan merasa cepat kenyang bahkan sebelum makanan tersebut habis. Berbeda dengan makan buru-buru, sistem pencernaan tidak dapat mengontrol banyaknya makanan yang masuk sehingga terasa belum kenyang dan mempengaruhi berat badan Anda.

Mengontrol nafsu makan

Makan terlalu cepat menyebabkan Anda terus menerus bernafsu untuk makan. Hal ini bukan hanya dipengaruhi karena merasa belum kenyang tetapi karena keinginan indera pengecap untuk merasakan rasa makanan.

Meningkatkan kehidupan sosial

Makan bersama kerabat secara perlahan mampu meningkatkan kehidupan sosial Anda. Mungkin kita diajari untuk tidak berbicara saat makan, tetapi dengan menyantap perlahan Anda tak mungkin hanya berdiam diri saja bukan. Hal inilah yang menjadikan makan perlahan mampu meningkatkan kehidupan sosial Anda.

Peningkatan sistem pencernaan

Makan perlahan memberikan kesempatan pada sistem pencernaan untuk menyerap seluruh nutrisi yang ada pada hidangan tersebut. Berbeda dengan menyantap cepat, sistem pencernaan terus menerus dihajar dan tak sempat menyerap nutrisi seluruhnya.

Menghemat pengeluaran uang

Anda akan mengetahui seberapa banyak hidangan yang dapat Anda santap saat menyantap secara perlahan. Hal ini berpengaruh pada pengeluaran Anda saat makan di luar atau restoran. Memesan secara berkala dibanding memesan langsung banyak juga menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran Anda.

 

Baca juga:

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya