Affogato, Kombinasi Kopi dan Es Krim Lezat

Ilustrasi affogato
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
Kopi tak melulu soal kopi tubruk. Justru, coffee blended yang paling dikenal masyarakat urban. Namun, berbagai jenis kopi blended dibuat menggunakan espresso sebagai dasarnya.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera
Espresso sendiri, merupakan kopi asal Italia yang lebih kental dan konsentrasi, serta kadar kafeinnya lebih tinggi karena volumenya yang lebih kecil. Cara membuatnya harus menggunakan mesin espresso, yakni dengan menekan bubuk kopi yang sudah digiling halus dengan air mendidih.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi
Dari espresso, deretan menu kopi blended dapat diracik, seperti cappuccino, yakni espresso yang ditambah susu panas dan foam susu mendidih. Ada pula caffe latte yang juga merupakan kopi susu, namun busanya lebih ringan dari cappucino dan ukurannya berbeda. Selain itu, ada macchiato yang rasanya lebih lembut dan di atasnya diberi foam susu.

Sedangkan con panna, merupakan kopi dengan whipped cream di bagian atas dan affogato adalah kopi yang ditambah es krim. Caffe Americano sendiri merupakan kopi yang lebih encer, karena terbuat dari satu sloki espresso dan air panas.

Nah, affogato adalah salah satu varian menu kopi yang paling mudah dibuat. Tak perlu harus pergi ke kafe atau kedai kopi, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika Anda tak punya mesin espresso, alat penyeduh kopi sederhana seperti French press, V60 atau clever dripper juga dapat Anda gunakan.

Kopi tubruk biasa pun bisa dijadikan dasarnya. Yang penting jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu.

Untuk membuat affogato di rumah, berikut ini resepnya seperti yang dilansir dari Food Network.

Affogato

Bahan-bahan
1 shot espresso atau 1 cangkir kopi tubruk yang telah disaring
2 scoop es krim rasa kopi, cokelat atau vanila
dark chocolate secukupnya, parut halus
kacang hazelnut secukupnya, giling kasar

Cara membuat
1. Masukkan dua scoop es krim ke dalam gelas
2. Tuangkan kopi
3. Taburi dengan cokelat parut dan kacang hazelnut

Baca juga:



(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya