Aturan Dasar Soal Mengancingkan Jas

Ilustrasi pria mapan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Untuk para pria, tahukah Anda, ternyata mengancing jas punya aturan dasar loh. Untungnya, karena pelajaran mengenai kancing mengancing jas tidak banyak, jadi mudah dipahami.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Berikut, aturan main memakai kancing jas yang dikutip dari Businessinsider :

Jas berkancing satu baris

Sebagian besar produsen jas masa kini memilih untuk memproduksi jas berkancing satu baris, di mana penjualannya pun cukup laris. Ada pun pemakaian dari jas modern ini, bergantung pada dua faktor, yakni jumlah kancing yang ada pada jas, dan letak kancing yang sejajar dengan garis pinggang pada jas tersebut.

Jas dengan jalur kancing tinggi (kerah sedada) memiliki kancing yang berada di atas garis di pinggang. Sedangkan yang memiliki jalur kancing rendah (kerah seperut) memiliki kancing yang berada di bawah dari pinggang.

Jas satu kancing

Ini yang banyak digunakan saat ini, terutama untuk datang ke acara resmi. Dikancing hanya saat berdiri, agar ia telihat lebih rapi. Sebaiknya, harus dilepas saat duduk, agar tak merusak bahan dengan kerutan.

Jas dua kancing

Cara yang paling tepat untuk menggunakan jas dua kancing ialah dengan memasang kancing pertama dan membiarkan kancing kedua.  Kecuali: pada jas dengan kerah lebar, banyak yang mengait kancing kedua, untuk memertahankan postur kerah, agar tidak melengkung.
 
Hal ini, juga berlaku pada pengguna jas berjalur kancing tinggi (kerah sedada), biasanya mengait kancing kedua, agar postur garis pingang tidak kusut. Pria dengan postur kaki panjang, biasanya juga akan mengait kancing yang bawah, untuk menyamarkan bagian kaki dan lebih menonjolkan bagian di atas dada.

Jas tiga kancing


Penggunaan yang paling sering pada jas tiga kancing, ialah dengan mengaitkan kancing tengah, atau bila perlu kancing pertama. Yang perlu diperhatikan, jangan kait kancing yang paling bawah. Kesan yang akan ditunjukkan, adalah kaku dan tidak modis, jadi hindari.

Jas berkancing dua baris

Jas ini adalah jas yang memiliki dua baris kancing, bisa dua kancing berjajar, atau tiga pasang kancing berurutan.  Jas ini biasanya digunakan untuk acara yang sangat formal dan resmi. Kebanyakan orang yang menggunakan jas ini, mengait seluruh kancingnya. Bisa juga mengait empat dari enam kancing yang terdapat pada jas.

Jika digunakan dengan kancing terbuka, penampilan Anda akan terlihat tidak rapi dan berantakan. Jika memang ingin melepas kait kancing paling bawah, pastikan sudah mengencangkan kaitan kancing yang pertama, agar postur dari jas itu tidak berubah. Selamat mencoba. (asp)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Baca juga:

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya