10 Makanan Paling Dilarang di Amerika Serikat (II)

Susu menjadi menu makanan yang baik saat depresi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Makanan saat memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan. Itu lah sebabnya banyak negara yang memiliki badan regulasi yang khusus dibentuk untuk mengurus keamanan pangan.

Di Amerika, berbagai makanan dilarang diproduksi, diimpor dan diperjualbelikan mulai dari keju hingga susu mentah. Tak hanya itu, bahan pangan yang berhubungan dengan hewan juga banyak yang dilarang karena alasan kesehatan, melindungi populasi spesies hewan tertentu hingga melindungi hak asasi hewan.

Berikut ini adalah 10 makanan yang dilarang di AS seperti dilansir dari Buzzfeed.

6. Sirip ikan hiu

Sup sirip ikan hiu adalah salah satu hidangan khas China yang banyak dikecam oleh banyak orang di dunia. Ini karena perburuan telah mengancam populasi ikan hiu.

Untuk mencegah kepunahan hiu di dunia, kepemilikan, penjualan dan konsumsi sirip ikan hiu telah dilarang di sembilan negara bagian AS antara lain Hawaii, Oregon, Washiongton, California, Illinois, Maryland, Delaware, New York dan Massachusetts. Kesembilan negara tersebut sebelumnya merupakan pasar perdagangan sirip ikan hiu utama di negeri Paman Sam.

Hukum yang mengatur pelarangan ini mulai diberlakukan beberapa tahun lalu setelah banyak ahli yang memperkirakan populasi sejumlah spesies hiu telah menurun hingga 90 persen.

7. Daging kuda

Meski terbilang cukup lazim disantap di negara-negara di Asia, hukum federal AS telah melarang impor daging kuda dan rumah penjagalan kuda lokal sejak tahun 2006. Karena untuk menjual makanan dibutuhkan inspeksi USDA atau Departemen Pertanian AS, maka daging kuda sangat jarang terlihat ada di restoran dan supermarket.

MUI Harap Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jadi Momentum Rekonsiliasi Nasional

8. Kaviar beluga

Di Rusia, Iran dan beberapa negara yang terletak di sekitar Laut Kaspia, mengonsumsi kaviar belunga atau telur ikan belunga adalah hal yang umum. Namun, AS melarang impor dan konsumsi kaviar beluga sejak tahun 2005 karena dianggap telah membahayakan populasi ikan beluga. Sebelum hukum tersebut diberlakukan, hidangan satu ini dijual cukup mahal yakni sekitar $200 atau lebih dari Rp2,5 juta per ons.

9. Susu mentah

Susu mentah atau susu sapi, domba atau kambing yang belum melalui proses pasteurisasi juga termasuk bahan pangan yang dilarang di AS. Hal ini karena susu mentah berisiko mengandung bakteri salmonella, E. coli atau listeria yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa pasteurisasi adalah proses pemanasan suhu pada titik tertentu yang mampu mematikan seluruh kuman dan bakteri yang mungkin terkandung di dalamnya.

Hingga saat ini, penjualan susu mentah sepenuhnya dilarang di beberapa negara  bagian AS seperti Alabama, Alaska, Arkansas, Delaware, Florida, Georgia, Hawaii, Indiana, Iowa, Kentucky, Louisiana, Maryland, Montana, New Jersey, North Carolina, Rhode Island, Virginia, Washington D.C., dan West Virginia.

10. Selai kacang


Selai kacang adalah salah satu produk olahan kacang yang dikonsumsi secara luas oleh masyarakat dunia. Selai kacang biasanya digunakan sebagai topping saat menyantap roti, bahan masak hingga bahan membuat kue.

Namun, jumlah penderita alergi kacang yang terus meningkat di AS membuat pemerintah memberlakukan hukum yang melarang membawa dan menjual selai kacang di berbagai sekolah atau distrik sekolah di seluruh penjuru negeri.

Sebagi informasi, alergi selai kacang bisa mengakibatkan bintik-bintik merah, ruam, biduran, gatal dan perih di mulut, bengkak di wajah, lidah, dan bibir, keram perut, muntah, diare, batuk-batuk, susah bernafas, pusing, dan hilang kesadaran. Beberapa kasus di AS bahkan menunjukkan bahwa penderita alergi makanan juga dapat berdampak pada kematian.

Baca juga:

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024
Ilustrasi makanan kadaluarsa

10 Makanan Paling Dilarang di Amerika Serikat (I)

Ada yang beracun, ada juga yang berasal dari penderitaan hewan.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2015