Tips Networking dari Orang-orang Sukses (I)

Ilustrasi pekerja kantor
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Orang sukses mempunyai cara untuk maju, networking atau jaringan adalah salah satunya. Dengan memiliki jaringan, seseorang akan bisa mengembangkan pekerjaan maupun bisnisnya. 

Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik

Dengan adanya beberapa norma dan etika dalam membangun sebuah jaringan, seseorang bisa sukses berkat usahanya yang mempertahankan hal tersebut. Berikut adalah beberapa tips cepat untuk jaringan yang efisien, seperti dilansir laman Times of India.

1. Mencairkan suasana

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik

Bagian tersulit adalah mencairkan suasana dengan mencari wajah yang ramah di sekitar.

2. Pendengar yang baik

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial

Cara terbaik agar menghasilkan hasil yang positif dalam berkomunikasi adalah dengan mendengar. Mulailah dengan bertanya dan dengarkan baik-baik apa yang ia sampaikan. Orang ini mungkin tidak dapat memberikan bisnis langsung Anda, tetapi bisa memberikan Anda rujukan.

3. Memulai percakapan

Mulailah percakapan dengan menanyakan apa yang membawa dia ke pesta tersebut. Anda harus fokus dan tetap sadar atas apa yang mereka sukai dan ulangi sesuatu yang penting dia katakan. Perhatikan apa kesamaan dari Anda berdua dalam rangka membangun hubungan yang baik.

4. Membaca informasi terkini

Sering-sering membaca informasi yang terjadi saat ini, menonton film, dan hal-hal lainnya yang terbaru. Hindari isu-isu yang sensitif seperti agama dan politik. 

5. Ajak teman

Jika tidak ada masalah dengan tuan rumah, Anda bisa mengajak teman bersama. Dengan ini Anda bisa mendapatkan informasi dari orang lain dengan bantuan teman Anda.

6. Percakapan yang nyaman

Ketika sedang berbicara dengan seseorang, coba untuk mengajukan pertanyaan terbuka agar menjaga percakapan yang nyaman dengan lawan bicara.

7. Kontak mata

Ketika berbicara usahakan untuk tetap melihat lawan bicara, hal ini menunjukkan Anda menghargai atau menghormati lawan bicara.

8. Jabat tangan

Jabat tangan adalah cara universal untuk menyapa orang. Usahakan menjabat tangan dengan normal atau tidak boleh lembut maupun keras. (art)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya