Ketahui Racun Berbahaya yang Terkandung di 7 Buah Ini

Ilustrasi buah apel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
Konsumsi Apel Setiap Hari Pangkas Risiko Kematian 35 Persen?
Buah adalah salah satu bahan pangan bergizi yang dibutuhkan tubuh. Buah bahkan merupakan salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Merah Bagi Tubuh
Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahaya yang tersembunyi dibalik konsumsi buah-buahan. Ya, beberapa buah tertentu ternyata memiliki racun yang berbahaya bagi tubuh.

Erupsi Bromo, Petani Apel Terancam Merugi
Untuk itu, ketahui tujuh buah beracun yang patut Anda waspadai. Berikut ini adalah daftarnya seperti yang dilansir dari Smashing Lists.

Ceri

Ceri adalah salah satu jenis buah yang serbaguna. Anda dapat mengonsumsinya dalam kondisi mentah atau memasaknya sebagai bahan pembuat hidangan penutup manis. Tapi sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa ceri sebenarnya adalah buah yang beracun. Ceri merupakan biji buah yang mengandung racun dan ketika hancur atau tidak sengaja dikunyah secara otomatis akan menghasilkan hidrogen sianida.

Gejala keracunan ringan akibat mengonsumsi biji buah ceri meliputi sakit kepala, pusing, muntah-muntah, timbul rasa cemas dan gelisah. Dosis yang lebih tinggi mampu mengakibatkan kesulitan bernafas, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung serta gagal ginjal. Dalam kasus terparah, pasien bahkan mengalami koma, kejang-kejang hingga kematian akibat sulit bernafas.

Asparagus

Asparagus memang merupakan jenis sayuran yang biasa dibuat sup atau salad. Namun, pohon asparagus juga menghasilkan buah beracun. Buah merah seukuran berry dengan diameter sekitar 6 hingga 10 milimeter ini bisa berdampak buruk jika dikonsumsi.

Aprikot

Buah aprikot memang aman dikonsumsi, namun jika Anda mengonsumsi bijinya dalam dosis tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan. Bijinya mampu menyebabkan gejala keracunan sianida dan menghasilkan gejala-gejala seperti mual, demam, ruam, sakit kepala, insomnia, peningkatan rasa haus, rasa lemah, lesu, gelisah, berbagai rasa sakit dan nyeri pada persendian dan otot, penurunan tekanan darah. Ini karena biiji aprikot mengandung amygdalin, glikosida sianogen yang beracun.

Jatropha

Buah jathropha merupakan sumber dari zat toxalbumin kursin yang sangat beracun. Meskipun demikian, jika dimasak, efek racun di dalamnya akan berkurang. Getah pohonnya juga mampu menyebabkan iritasi kulit. Biji buah yang juga mengandung racun jika tertelah dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Daphne

Daphne sebenarnya merupakan jenis bunga yang memiliki buah berwarna merah seukuran ceri. Buah bunga daphne mengandung racun daphnetoxin yang juga terkandung di salam tangkai pohonya. Jika racun ini termakan oleh manusia, maka siapa pun akan mengalami efek sensasi tersedak. Sedangkan racun dari batang tanaman jika terkena kulit umumnya akan menyebabkan ruam dan eksim terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.

Ackee

Buah ini mungkin jarang atau belum pernah Anda dengar. Berbentuk seperti apel, buah ackee adalah buah nasional Jamaica yang telah lama menjadi makanan pokok masyarakat disana. Amerika Serikat bahkan melarang konsumsi ackee karena buah tersebut mengandung racun mematikan saat dikonsumsi sebelum matang. Ya, buah ackee muda mengandung kadar hypoglycin A dan B yang berbahaya. Racun ini bisa mengakibatkan koma hingga kematian. 

Apel

Mengonsumsi satu buah apel sehari akan menjauhkan Anda dari dokter, kecuali Anda mengonsumsi bijinya. Seperti ceri dan buah-buahan lain, biji apel mengandung glikosida sianogen menyebabkan sianida. Biji yang ada di dalam satu buah apel tidak akan menyebabkan efek apapun, namun ada beberapa kasus orang yang tewas karena mengonsumsi biji apel berlebihan.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya