Alasan Wanita Hamil Sering Alami Perubahan Emosi

Ilustrasi Wanita Hamil
Sumber :
  • iStockphoto
VIVA.co.id -
Penyakit Ini Picu Kematian Wanita saat Persalinan Meningkat
Selama masa kehamilan, seorang ibu akan mengalami berbagai perubahan, baik fisik maupun emosi. Sering kali juga muncul kekuatiran, akan bagaimana seorang ibu bisa menjaga kesehatan dan pertumbuhan bayi yang sedang dikandung.

Pernah Menjalani Operasi, Wanita akan Mudah Hamil

Kekuatiran ini tentu bisa membuat ibu menjalani kehamilan yang tidak menyenangkan. Lalu mengapa perubahan emosi dan fisik ini bisa terjadi?
Ingin Hamil, Sara Wijayanto Ikuti Akupuntur Rahim


dr Nurdadi Saleh, SpOG, Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI) menjelaskan bahwa hal tersebut wajar dialami wanita hamil.


“Selama kehamilan kebanyakan ibu mengalami perubahan fisik dan emosi, di mana tanda dan gejalanya berbeda pada setiap ibu. Begitu juga tingkatan dan frekuensinya dari trimester ke trimester," katanya dalam pesan elektronik yang dikirimkan pada
VIVA.co.id.


Perubahan ini, katanya, dialami oleh seluruh bagian tubuh. Mulai dari sistem pencernaan, pernapasan, jantung dan pembuluh darah, endokrin, metabolik, tulang dan otot, payudara, imunitas, hingga sistem reproduksi, khususnya organ genital bagian dalam dan luar.


Apa penyebabnya?


"Dalam hal ini, hormon estrogren dan progesteron memiliki peranan penting terhadap terjadinya perubahan tersebut. Selain itu, emosi ibu hamil cenderung labil dan reaksi yang ditunjukkan terhadap kehamilan dapat saja berlebihan dan mudah berubah-ubah."


Perubahan tersebut, lanjutnya, seringkali dipicu oleh kecemasan, baik itu kecemasan mengenai kesehatan diri sendiri maupun kesehatan janin.


“Untuk menyikapi perubahan-perubahan tersebut, maka dibutuhkan latihan olah fisik dan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap agar ibu hamil dapat menjalani kehamilannya dengan tenang tetapi tetap penuh semangat,” tegas dr Nurdadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya