Menguak Legenda Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Sumber :
  • Indonesia.travel

VIVA.co.id - Mungkin Anda merasa asing dengan Danau Dendam Tak Sudah. Tapi di balik namanya unik, danau tersebut menyimpan sejuta keindahan.

Curhat Ria Ricis Lalui Masalah Perceraian, Pede Lagi Berkat Dukungan Fans

Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara. Jarak yang harus ditempuh jika dari kota Bengkulu menuju lokasi sekitar 6 kilometer.
 
Danau dikelilingi bukit-bukit hijau yang merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Luas danau ini sekitar 3750 hektare dan sudah beberapa kali mengalami perluasan area.

Menurut laman Indonesia.Travel, pada perluasan pertama tahun 1936, Pemerintah Hindia Belanda menetapkannya sebagai cagar alam dengan total luas 11,5 hektare. Kemudian pada tahun 1979, kawasan cagar alam dipeluas lagi menjadi 430 hektare. Sehingga pada tahun 1999, luas kawasan menjadi 577 hektare.

Danau ini merupakan habitat bagi beberapa jenis ikan langka berasal dari famili Anabantidae, Bagridae, dan Cyprinidae. Selain itu, di danau ini terdapat habitat tumbuhan endemik langka, yaitu anggrek pensil (Vanda hookeriana).

Di samping itu terdapat juga fauna yang menghuni kawasan cagar alam seperti lutung, siamang, babi hutan, kutilang, dan sebagainya. Hewan-hewan ini kerap menjadi tontonan atau atraksi tersendiri bagi wisatawan.

Perihal namanya yang tidak biasa ternyata dilatarbelakangi dua kisah. Pertama, legenda di mana sepasang kekasih tidak direstui orangtua. Sepasang kekasih yang dimabuk asmara itu kemudian dikisahkan bunuh diri ke danau dan inilah yang menjadikannya disebut Danau Dendam Tak Sudah.

Konon, sejak saat itu ada dua ekor lintah raksasa yang merupakan jelmaan sepasang kekasih tersebut. Kisah kedua berlatar sejarah di mana Belanda yang saat itu menduduki Indonesia memutuskan membuat dam di danau ini. Tujuannya, agar air danau tidak mudah meluap untuk mempermudah pembangunan jalan di sekitar danau.

Akan tetapi, pada praktiknya, pembangunan dam terhenti atau tidak pernah selesai. “Dam Tak Sudah” begitu mereka menyebutnya. Entah bagaimana awalnya “Dam Tak Sudah” kini berubah menjadi “Dendam Tak Sudah”.

Haru, Tamara Tyasmara Siapkan Makanan Favorit Dante di Momen Lebaran

Baca juga:

PLN Siapkan SPKLU di Banyak Lokasi, Pemudik: Pakai Mobil Listrik Jadi Nyaman!
ilustrasi ambulans.

Geger, Zuardi Ditemukan Tewas Terkunci dalam Freezer Mobil Es Krim di Lebaran Hari Kedua

Jasad Zuardi ditemukan terkunci dalam mobil yang memiliki sistem pengunci otomatis.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024