Lima Wanita Paling Sepuh Sedunia

Lima Wanita Tertua di Dunia
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – Panjang umur dan bahagia, merupakan dua harapan yang kerap didengar di setiap ucapan selamat ulang tahun. Kedua harapan itu rupanya menjadi kenyataan bagi lima wanita ini.

Sejarah mencatat, kelima wanita tersebut sebagai orang-orang tertua di dunia. Usia mereka kini lebih dari 100 tahun. Mereka semua lahir di tahun 1800-an dan bertahan hidup hingga lebih dari lima generasi.

Kamus menyebut mereka sebagai supercentenarian, saksi sejarah. Mereka menyaksikan perang dunia, hidup di masa tenggelamnya Titanic, serta menikmati segala inovasi yang mendukung kehidupan modern saat ini.

Mereka juga melawan prediksi akan harapan hidup manusia modern saat ini yang rata-rata hanya mencapai usia 60 tahun. Apa saja tips mereka mempertahankan kebahagiaan dan semangat hidup? VIVA.co.id merangkumnya untuk Anda:

Misao Okawa, 116 Tahun, Jepang


Lahir di Osaka, Jepang, tahun 1898, Misao dianugerahi gelar sebagai orang tertua di dunia setelah pendahulunya, Jiroemon Kimura, meninggal pada 2013. Seperti orang tua pada umumnya, Okawa tinggal di komunitas lansia dan makan tiga kali sehari.

Perempuan Bernama Y Kini Kuliah di UNY

Makanan favoritnya adalah sushi dan dia setidaknya menyantap sushi sebulan sekali. Namun, kunci kesehatan dan usia panjang Okawa adalah pandangan santainya terhadap hidup.

“Cukup makan dan cukup tidur,” kata Okawa kepada The Telegraph. Selain itu, Okawa menganjurkan untuk tetap santai. “Tidak perlu stres,” tambahnya.

Gertrude Weaver, 116, Amerika Serikat

Pasangan Ini Temukan Harta Karun dari Kursi Rp86 Ribu

Lima Wanita Tertua di Dunia

Di dataran Amerika Serikat, Weaver merupakan manusia tertua. Hari ulang tahunnya juga selalu dirayakan besar-besaran, karena dia lahir tepat saat hari kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli. Di usianya yang ke-116, Weaver masih aktif. Bagi Weaver, usia panjangnya adalah anugerah dari Tuhan.

“Anda harus percaya pada Tuhan. Dia yang selalu menjaga Anda. Jangan khawatirkan hal lain,” nasihatnya.

Di Toko Ini Anda Bisa Bawa Anjing Peliharaan

Jeralean Talley, 115, Amerika Serikat

Lima Wanita Tertua di Dunia

Orang tertua kedua di Amerika Serikat ini meyakini bahwa kebahagiaan dan keluarga adalah kunci panjang umur. Dia juga mengajarkan pada anak, cucu dan cicitnya bahwa bahagia itu sederhana.

“Tidak perlu banyak berpikir, lakukan hal yang membuat Anda bahagia,” katanya.

Susannah Mushatt Jones, 115, Amerika Serikat

Lima Wanita Tertua di Dunia

Bagi Susannah, tampil fashionable adalah keharusan dan usia tua tidak menghalanginya melakukan hal itu. Dia juga suka makan enak. Daging asap dan telur adalah menu sarapannya setiap pagi. Namun, dibarengi dengan olahraga, Susannah tetap terlihat fit.

Nasihatnya, “Anda tidak pernah terlalu tua unutk tampil seksi.”

Emma Morano-Martinuzzi, 115, Italia

Lima Wanita Tertua di Dunia

Lahir pada November 1899, Emma punya rahasia unik yang membuatnya panjang umur. Sejak usia 20 tahun, Emma selalu mengonsumsi sebutir telur mentah dan sebutir telur rebus setiap hari. Sementara itu, sebelum tidur, Emma selalu meminum segelas susu segar.

“Itu membantu saya tidur nyenyak dan Anda butuh tidur nyenyak agar panjang umur,” katanya. (art)


Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya