Meski Sakit, Alex Komang Tetap Berkarya

Alex Komang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id - Meninggalnya aktor sekaligus budayawan sejati, Alex Komang, menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat dan bahkan jagat perfilman Indonesia. Betapa tidak, pria yang terlahir dengan nama Saifin Nuha itu dikenal sebagai sosok pekerja keras dan dengan karya tiada henti hingga mengembuskan napas terakhir.

Salah satu sahabat dan asisten pribadi Alex Komang, Iskak Wijaya mengaku sangat mengenal pria kelahiran Jepara, 17 September 1961 itu. Baginya, sebagai budayawan sejati, Alex merupakan pribadi yang kuat dan tak pernah mengeluh.

"Mas Alex selalu dan selalu berpikir ke depan. Hal yang paling saya ingat, kata Mas Alex saat sakit, 'saya akan berkarya untuk Tanah Air. Apa yang masih bisa saya kerjakan, akan saya lakukan," ujar Iskak saat dikonfirmasi VIVA co.id di Semarang, Jumat 13 Februari 2015.

Iskak yang terus mendampingi Alex Komang dalam menekuni karyanya sejak akhir 2009 itu mengaku, Alex merupakan seniman besar yang terus menyuarakan nilai-nilai budaya melalui karya. Bahkan, saat sakit pun, Alex masih terus mengajak diskusi bersama sahabat dan orang-orang terdekatnya.

"Saat sakit, Mas Alex masih diskusi dan baca buku. Selalu ngajak diskusi tentang film dan tentang negara dalam konteks kebudayaan," imbuh Iskak sedih.

Terakhir, Iskak mengaku mengunjungi ketua Badan Perfilman Indonesia periode 2014-2017 itu saat berada di kampung halamannya di Jepara, Jawa Tengah. Di sana, dia melihat betapa semangat Alex yang pantang mengeluhkan rasa sakit, meski penyakit kanker hati yang dideritanya telah menggerogoti tubuhnya.

"Saat kami datang ke Jepara beliau bangun. Minta kursi dan mengajak diskusi, meskipun sambil minum obat," kenang dia.

Aktor yang pernah meraih aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 1987 itu, bahkan hingga ajal menjemput, tak menginginkan penyakit yang dideritanya diekspose media. Hal itu, karena sikap kokoh dan tak mudah menyerah yang sudah dibawanya sejak masih muda.

"Semangat dia dan cara dia menyikapi persoalan, kami sangat kagum. Dia adalah pribadi yang kokoh," beber Iskak yang mengaku mengenal Alex sejak 2007.

Sebagai sahabat dan mitra kerja yang mengerti betul sosok almarhum Alex Komang, Iskak mengaku sangat kehilangan. Dia berharap semoga Tuhan yang Maha Kuasa mengampuni segala dosa tokoh yang terus memperjuangkan kebudayaan Indonesia di mata dunia itu.

"Harapan kami, mari kita doakan. Dan Tuhan mengampuni segala dosanya. Tentunya kita semua kehilangan sosok yang luar biasa," ujarnya. (art)

BACA JUGA:

Desainer Ini Buatkan Jas Khusus untuk Mike Mohede

Mike Mohede Tutup Usia

Sebelum Wafat, Mike Mohede Nyanyikan Lagu Ini untuk SBY

Ibu Ani sangat terkejut mendengar kabar kematian Mike.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016