Meditasi Sehat dengan Jalan Pagi

Berolahraga.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Menikmati Minggu pagi, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menikmati sarapan bersama seluruh keluarga, lari pagi, berenang, dan semacamnya.

Selain ragam kegiatan tersebut, salah satu alternatif yang bisa dilakukan di minggu pagi ialah bermeditas, dalam hal ini melalui jalan santai di pagi hari.

Anda yang memiliki segudang kegiatan, pasti menghabiskan lima hari dalam seminggu untuk melengkapi agenda yang dimiliki. Berhadapan dengan beberapa pertemuan penting, bepergian sana-sini, dan menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang datang silih berganti.

Oleh karena itu, bermeditasi dengan jalan santai di minggu pagi, bisa menjadi pilihan yang bijak dan menguntungkan.

Selain mendapatkan manfaat sehat dan kebaikan dari sinar matahari pagi, meditasi jenis ini juga dapat memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan.

Manfaat pertamanya ialah, meditasi jenis ini mampu meningkatkan rasa sadar akan jiwa dan tubuh Anda.

"Bermeditasi dengan berjalan santai, jika dilakukan dengan benar, fokus, dan diiringi dengan nafas panjang yang rileks, mampu membuat Anda lebih tenang," kata Dr. Riddest Jani, seorang nutrisionis.

Times of India pada Minggu 15 Februari 2015 melansir, selain meningkatkan kesadaran akan tubuh dan jiwa, meditasi jalan ini, bisa mengendalikan emosi.

Dengan berjalan santai, Anda memiliki waktu untuk mengerti dan mendalami sisi terdalam dari diri Anda. Hal tersebut akan membuat emosi lebih terjaga dan lebih terkendali.

Hal ini juga disepakati oleh Dr. Veena Chakrafarthy, yang menyatakan bahwa, meditasi jalan membuat seseorang lebih mendalami dirinya, sehingga akan bisa mengontrol segala emosi yang dirasakannya.

Cara melakukan meditasi ini, sangatlah mudah. Pertama-tama. Posisikan diri Anda berdiri dengan kedua kaki menginjak bumi. Sebelum mulai berjalan, resapi lingkungan sekitar Anda, dan dapatkan ketenangannya.

Saat mulai berjalan, perlahan tarik dan buang nafas panjang, sambil menyerap hangat sinar mentari. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan dengan bertelanjang kaki, karena tubuh akan berinteraksi langsung dengan tanah, yang membuat rileksasi semakin terwujud.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Baca juga:



DJKI menggelar kegiatan RuKI

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Dalam rangka memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia Ke-24, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyelenggarakan kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI)

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024