Lima Fakta Mengagetkan tentang India

Taj Mahal India dilihat dari samping
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Selain dikenal memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti Taj Mahal, India juga dikenal sebagai negara penghasil film terbesar di dunia mengalahkan Hollywood. Tahukah Anda, jumlah produser film di India jauh lebih banyak dari yang ada di Amerika Serikat?

Dikutip dari laman Desinema, ternyata bukan hanya itu keunikan dari negara asal Shah Rukh Khan ini. Berikut adalah lima fakta menarik lainnya tentang India:

Memiliki masjid terbanyak sedunia

Warga India yang menganut agama Islam, dinyatakan sebagai warga muslim terbesar ketiga di dunia. Namun, jumlah masjid yang mereka miliki, jauh lebih banyak dari Indonesia, yang dinyatakan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar. Di India ada lebih dari 300 ribu masjid, dan hal ini dinyatakan sebagai negara pemilik masjid terbanyak di dunia.

Tempat berdirinya universitas pertama di muka Bumi

Kampus Takshila yang ada di Gandhar, digadang-gadang sebagai kampus pertama yang ada di dunia. Universitas ini mulai beroperasi sejak tahun 700 Sebelum Masehi.

Memiliki lembah magnet

Lembah aneh, penuh daya magnet ini ada di wilayah Leh, di sekitar Ladakh. Saking kencangnya daya magnet di sini, mobil yang lewat bisa tertarik mundur. Magnet di sini juga memaksa pesawat terbang yang lewat, harus menambahkan ketinggian jika tak mau tersedot ke bawah.

Punya desa paling aman seantero jagat

Selama berabad-abad, warga di Desa Shani Shingnapur, di wilayah Maharashtra, hidup dengan kondisi rumah tanpa pintu, dan tanpa penjagaan polisi. Namun, segalanya tetap aman, dan tak pernah ada kasus pencurian. Hal ini terjadi, karena penduduk setempat percaya, barang siapa berani mencuri, ia akan mendapat murka dari Dewa Shani.

Memiliki lapangan cricket tertinggi di planet ini

Lapangan olahraga cricket tertinggi di dunia ada di sini, tepatnya di Chail di wilayah Himachal Pradesh. Ketinggian lapangan di atas bukit ini, 2.444 meter di atas laut. (art)

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023

Baca juga:


Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania
Petugas SPBU Shell.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) swasta, Shell, bakal tidak lagi beroperasi di Medan Sumatera pada tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024