Enam Kuliner China Ini Akrab di Lidah Indonesia

Lumpia
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
10 Kuliner Daerah yang Mewarnai Indonesia
Tak bisa dipungkiri bahwa kebudayaan Indonesia sedikit banyak juga mendapatkan pengaruh dari kebudayaan lain seperti Belanda, Arab, India dan China. Kuliner sebagai salah satu bagian dari budaya tentu tak terlepas dari pengaruh-pengaruh tadi, contohnya, masakan gulai yang menggunakan rempah India dan Arab.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Nah, pengaruh-pengaruh tadi membuat banyak hidangan Indonesia yang tercipta dari penggabungan resep asli dan lokal. Banyaknya masyarakat keturunan Tionghoa atau peranakan membuat kuliner China begitu populer di seluruh Indonesia. Bahkan beberapa kuliner Tanah Air memiliki asal muasal dari China. Berikut ini enam diantaranya.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Bakpao

Ilustrasi bakpao

Foto: iStock

Di Indonesia, bakpao bukan lah makanan asing. Anda bisa dengan mudah menemukan bakpao yang dijual menggunakan gerobak di pinggir jalan atau di restoran. Bakpao atau yang juga disebut roubao merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa.

Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. 'Bak' memiliki arti daging dan 'pao' berarti 'bungkusan' sehingga bakpao adalah daging yang dibungkus adonan roti.

Di China, daging yang paling lazim digunakan untuk isian bakpao adalah daging babi. Lalu banyak pula orang yang mengisi bakpao dengan bahan-bahan lain mulai dari daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki hingga kacang hijau.



Dim sum

Dim Sum

Foto: iStock

Dim sum atau juga disebut dianxin adalah istilah dari bahasa Kantonis yang artinya adalah makanan kecil. Di China, biasanya dim sum dimakan saat sarapan atau brunch. Namun karena dim sum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dim sum lebih populer dibandingkan dianxin.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan berbentuk mungil yang umumnya disantap bersama secangkir teh hangat. Kulit dim sum banyak yang dibuat dari adonan tepung beras yang dalamnya diberi berbagai isian seperti daging, udang, sayur dan sebagainya. Dim sum yang paling banyak dikenal ialah yang dimasak dengan cara dikukus dan direbus. Meski begitu, ada pula dim sum yang digoreng.



Siomay

Siomay

Foto: iStock

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam resep masakan China, siomai diisi daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari udang, daging kepiting, atau daging sapi.

Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin. Siomai yang dikenal di Indonesia dan disantap bersama kentang, pare, kol rebus serta siraman saus kacang merupakan kuliner Indonesia yang telah dipengaruhi oleh budaya China.



Cap cai

Cap cai

Foto: iStock

Cap cai adalah dialek Hokkian yang secara harafiah berarti 'aneka ragam sayur'. Cap cai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dengan menggunakan berbagai jenis sayur-sayuran. Banyak orang China yang memasak cap cai menggunakan 10 jenis sayur karena kata 'cap' dalam dialek Hokkian juga berarti 'sepuluh' dan 'cai' berarti 'sayur'.

Beberapa jenis sayuran yang biasanya dijadikan cap cai adalah sawi putih, sawi hijau, wortel, jagung muda, jamur merang, jamur kuping, kol, kapri, buncis, bunga kol, brokoli, daun bawang, tomat, dan bawang bombai. Walaupun demikian, unsur hewani juga biasa ditambahkan ke dalam makanan ini, misalnya daging sapi, ayam, telur, hati dan ampela ayam, udang, bakso, cumi-cumi, dan daging babi. Cap cai dapat dimasak dengan dua cara yaitu direbus atau ditumis. 



Fuyunghai

Fu yong hai atau Fu yung hai juga terbilang lazim ditemui di Indonesia terutama di restoran China. Hidangan satu ini merupakan hidangan tradisional masyarakat Tionghoa di Shanghai yang terbuat dari telur yang didadar dan dicampur dengan sayuran, daging atau makanan laut.

Di China, fuyunghai biasanya berisi cincangan halus daging babi, daging ayam, daging sapi, daging kepiting, dan sebagainya. Fu yong hai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya dibuat dari tomat dan kacang polong, tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya.



Lumpia

Lumpia

Foto: iStock

Siapa yang tak kenal lumpia? Hidangan lezat berupa potongan rebung yang dibumbui dan dicampur dengan telur, daging ayam atau udang lalu dibungkus kulit tipis ini merupakan hidangan khas Semarang.

Namun, lumpia yang Anda kenal merupakan gabungan resep lokal dan resep lumpia tradisional China. Kata lumpia atau terkadang dieja sebagai lun pia berasal dari dialek Hokkian dari pelafalan runbing dalam dialek Utara. Dalam Bahasa Khek atau Bahasa Hakka, lumpia juga disebut pokppya (pokpia).

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya