Melawan Diare dengan Bahan dari Dapur

Penyebab Utama Gangguan Pencernaan
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Musim penghujan yang tak kunjung berakhir, kini mulai menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh manusia. Salah satunya diare. Ini adalah gangguan pencernaan yang bila terjadi, dapat mengganggu aktivitas harian, mengingat meningkatnya intensitas pergi ke kamar mandi.

Diare juga dapat berimbas pada gangguan lain seperti dehidrasi, karena terbuangnya cairan dalam tubuh. Karena, menyangkut organ pencernaan, yang cenderung sensitif, pengobatan terhadap diare tak boleh sembarang menggunakan obat.

Jika tidak, fungsi organ pencernaan dapat terganggu. Oleh karena itu, bahan-bahan alami adalah bahan yang paling tepat untuk menyembuhkan gangguan ini. Lantas, apa saja bahan yang bisa digunakan? Berikut informasinya yang dikutip dari Times of India.

Cara ampuh melawan diare, bisa dilakukan dengan beberapa bahan makanan yang mudah didapat dari dapur. Salah satunya dengan membuat larutan gula garam (oralit), ramuan yang ampuh membasmi diare. Jika perlu, tambahkan perasan lemon dan satu sendok madu, untuk menambah rasa, dan memperkaya khasiatnya.

Selain oralit, diare juga bisa disembuhkan dengan konsumsi kopi dan yogurt, yang ternyata bisa membawa kebaikan pada sistem pencernaan. Jika Anda memilih kopi, minumlah kopi pahit tanpa gula, dan memiliki kandungan yang cukup kuat.

Sementara itu, bila memilih yogurt, konsumsilah yogurt tanpa rasa, yang kandungan sehatnya belum terganggu dengan pemanis dan pewarna buatan.

Namun, mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bersih, agar sistem pencernaan tetap terjaga baik. Selain itu, jika sedang mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya menghindari konsumsi susu dan keju, karena hanya yogurt-lah, asupan berbahan dasar susu yang memiliki bakteri baik bagi perut. (art)

Waspada, Delapan Makanan Ini Bisa Sebabkan Diare

Baca juga :



Ilustrasi Oralit dan Obat Diare

Cegah Kematian Anak Akibat Diare dengan Zinc dan Oralit

Pemberian antibiotik tidak memberi manfaat penghentian diare.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016