Mengenal Cryotherapy, Perawatan ala Artis Hollywood

Es batu sangat baik untuk wajah Anda.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tren kesehatan di Eropa kini sedang berkembang metode perawatan tubuh dengan Cryotherapy atau mandi air es.

Terapi ini biasanya digunakan oleh atlet profesional. Sementara di Jepang, ini menjadi tradisi yang unik menyambut tahun baru. Jika mereka melakukannya atas keyakinan pembersihan pikiran tubuh, masyarakat di sejumlah negara kini melakukan ritual ini atas nama kesehatan.

Bahkan, Cryotheraphy kini banyak dijadikan menu spa bukan hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Banyak ahli meyakini, Cryotheraphy bisa menjadi bagian dari facial dan perawatan tubuh juga membantu menurunkan berat badan.

Dipopulerkan oleh aktris Hollywood, Demi Moore beberapa waktu lalu, kini, metode ini juga banyak dilakukan oleh sejumlah seleb terkenal seperti Jennifer Aniston, Jessica Alba dan model Kanada Jessica Stam.

Berikut yang perlu Anda tahu tentang Cryotherapy seperti dilansir Times of India.

Apa itu Cryotherapy?

Cryotherapy secara tradisional merupakan bagian dari cara pengobatan kesehatan noninvasif yang dilakukan pada temperatur yang sangat rendah  antara -120 dan -160 derajat celsius.

Ini melibatkan pembekuan jangka pendek dari permukaan kulit. Ketika wajah atau tubuh membeku, pembuluh darah melebar, dan ini yang memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke dalam sel-sel. Proses ini membantu tubuh memulai proses penyembuhan sendiri, dan mempercepat penghapusan racun.

"Dalam terapi Cryotherapy kami menggunakan beberapa hal untuk membuat suhu rendah seperti nitrogen cair, karbondioksida, DMEP atau argon," kata Dr Bharti Magoo, dokter ahli esetetika dan antipenuaan.

Apa manfaatnya?

Sampai saat ini, terapi ini hanya digunakan secara medis untuk pengeringan kutil virus, tumor kulit atau pertumbuhan yang tidak diinginkan lainnya pada kulit.

Tapi sekarang metode Cryotherapy juga digunakan untuk mengobati sejumlah masalah kecantikan. "Es kering mengurangi sekresi minyak dari kelenjar sebaceous atau minyak, yang bertanggung jawab untuk pembentukan jerawat. Ini membunuh bakteri dan bertanggung jawab untuk mengusir jerawat besar."

Tak hanya itu manfaatnya, Cryotherapy juga bisa merangsang kolagen dan mencerahkan bekas luka yang disebabkan karena jerawat.

"Karena terapi ini dapat menyebabkan pengelupasan ringan pada kulit, memperbaiki tekstur dan mengurangi pori-pori juga," kata dermatolog Dr Jaishree Sharadi terapi  menambahkan.

Cryotherapy juga disebut-sebut sebagai obat melawan penuaan kulit. Rasa dingin dari terapi ini mampu melemahkan saraf yang membuat kontrak otot Anda, sehingga langsung menghaluskan garis dahi dan keriput.

Bahkan karena memilikin banyak manfaat, dalam dunia tata rias, perawatan wajah cryo/ facial cryolift dianggap sebagai perawatan mewah.

Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari Cryotherapy selain untuk kesehatan dan perawatan kecantikan, metode ini juga dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi selulit dan banyak lagi.

Ada kabar baik bagi mereka yang sedang mencari cara yang unik untuk menurunkan berat badan. Sebab, Cryotherapy juga mampu meluruhkan lemak. Proses ini disebut cryolipolysis.

"Cryolipolysis adalah metode baru yang digunakan untuk menghancurkan sel-sel lemak dalam tubuh yang menyebabkan hilangnya lemak ekstrem dan kehilangan beberapa inci di wilayah yang ditargetkan," kata ahli bedah Dr Apratim Goel.

Kecepatan suhu ekstrem sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme dan dapat membantu membakar antara 400 dan 800 kalori dalam satu sesi.

"Cryotherapy juga bermanfaat mengurangi selulit dan mencegah kecemasan, insomnia, ketegangan otot, sakit punggung, penyakit kardiovaskular, peradangan otot dan sakit kepala."

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Baca juga:

Ilustrasi sidang kode etik anggota polisi

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Di lokasi kejadian, 5 polisi tersebut berlagak preman dengan menodong senpi ke korban lalu menghajar secara membabi buta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024