Kenali Gejala Mata Bintitan dan Solusinya

Cara untuk meningkatkan penglihatan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda tentu mengenal istilah "bintitan". Gangguan pada mata ini, datang dan perginya tak dapat diprediksi. Bisa lama, bisa juga sebentar.

Lima Cara Alami Jaga Kesehatan Mata

Gejalanya pun tidak ada yang bisa memastikan. Hanya mitos yang banyak memberi jawaban yang samar, mulai dari penyebab hingga penanganannya.

Untuk itu, kami mengupas lebih jauh tentang apa sebenarnya bintitan ini. Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor, bersedia membagi pengetahuannya tentang hal ini.

Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum, adalah benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata. Ia muncul akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus) pada kelenjar minyak, di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata.

Penyebab dari terjadinya gangguan ini, menurut Rahajeng, ditengarai oleh rasa lelah yang berlebihan, mata yang kurang sehat, hingga masuknya bakteri ke mata. "Bisa terkena melalui tangan, atau dari udara yang kurang bersih," ujar Rahajeng.

Hordeolum, biasanya diawali dengan munculnya bercak merah dan ruam pada bagian pinggir mata. Jika semakin parah, ruam tersebut akan membesar dan menyebabkan munculnya pembengkakan berisi nanah.

"Bila bertambah besar, gangguan ini dapat menghalangi mata terbuka secara optimal, membuat penderita sulit melihat," ujarnya.

Namun, Rahajeng mengungkapkan, jangan panik dan takut ketika mengalami gangguan ini. Sebab, hordeolum bukan sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri.

"Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada sakit," ujarnya.

Dambakan Mata Cemerlang dengan Konsumsi Makanan Ini

Untuk mempercepat peradangan kelenjar dan meredakan bintitan, Anda dapat memberi kompres dengan menggunakan air hangat pada mata. Lakukan kurang lebih 4 kali sehari selama 10-15 menit.

Tunggu hingga nanah dalam bengkakan keluar dan menyisakan ruam pada mata. Setelah itu, baru Anda bisa memberi antibiotik lokal untuk mata. Dengan begitu, gangguan ini akan hilang dan mata akan terhindar dari gangguan bakteri dan kuman. (art)

Baca juga:



teh chamomile

Cerahkan Mata Anda Dengan 9 Bahan Alami Ini

Mata menjadi salah satu tanda kesehatan seseorang.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2016