Ini Cara Jitu Agar Tidak Mengantuk saat Siang

Ilustrasi tidur di kantor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Ini Cara Ampuh Usir Kantuk di Jam Sibuk
Saat orang kelelahan biasanya ada gejala lain yang akan mengikuti, salah satunya sering mengigau. Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor.com mengatakan, hal itu terjadi akibat kurang tidur, rajin mengonsumsi rokok, minuman alkohol, dan stres berlebihan. “Solusinya mudah, adalah dengan menghindari semua hal tersebut  di atas,” ujar sang dokter, pada Rabu, 25 Februari 2015.  

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Rahajeng juga sering mendapat pertanyan dari pasien, apakah kalau sering mengantuk saat siang itu hal yang wajar? Tentang pertanyaan ini, ia katakan hal itu bisa disebabkan rasa lelah, atau secara psikologis rasa bosan.
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah


“Tidur yang cukup di malam hari, yakni dengan durasi 7-8 jam sehari, dapat mengurangi timbulnya rasa mengantuk saat siang. Namun bila hal tersebut tidak dapat dilakukan, Anda dapat  melakukan kegiatan yang menarik. Hal ini supaya tidak mengantuk, atau bisa juga memejamkan mata sejenak, mislanya kurang lebih 5 menit,” ujar Rahajeng.


Yang juga sering terjadi, terkadang di saat waktu senggang, dan tidak mengerjakan apa-apa, badan akan cepat terasa capek dan pegal. Dijelaskan, ini wajar karena hal itu merupakan respons fisiologis tubuh. Ia sarankan, rasa mudah capek dan pegal, dapat dicegah dengan melakukan olahraga rutin, minimal 15-20 menit sehari, 4-5 kali dalam seminggu. Selamat mencoba. (ren)


Baca juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya