Tujuh Tips Memanggang Ikan dengan Benar

Ikan bakar
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - 
Menilik 12 Olahan Ikan Lezat Khas Nusantara
Memanggang ikan memang perlu cara yang benar. Hal ini dilakukan agar mendapatkan rasa ikan dengan tekstur yang pas serta lezat ketika dimakan. 

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks
Berikut adalah beberapa tips untuk memanggang ikan dengan benar, seperti dilansir laman Times of India.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United
Panggangan

Selalu panaskan panggangan selama sepuluh menit sebelum meletakkan ikan di atasnya. Hal ini agar ikan terpanggang dengan baik.

Cepat

Aturan pertama yang harus diingat adalah ikan dipanggang dengan cepat ketika terkena panas langsung. Hal ini dilakukan agar tetap mendapatkan rasa ikan setelah dipanggang beberapa menit. 

Posisi

Ikan tidak harus ditempatkan di tengah panggangan (bagian terpanas), tetapi lebih ke arah pinggir. 

Jangan menempel

Hal lain yang perlu dingat ketika menggunakan panggangan adalah bahwa ikan tidak menempel. Pastikan Anda membaluri ikan dengan sedikit minyak zaitun sebelum memulainya.

Membalik ikan  

Ikan mempunyai daging yang lembut, maka Anda harus hati-hati ketika membalik ikan yang dipanggang. Hal ini dilakukan agar ikan tidak hancur.  

Menguji kematangan

Sebuah bagian yang cukup sulit adalah mengetahui kapan ikan siap atau matang. Caranya adalah dengan menusuk ikannya dengan garpu. Jika sudah matang daging akan mudah mengelupas.

Waktu

Jumlah waktu memanggang untuk setiap ikan berbeda-beda, tergantung dari variasi ketebalan dan ukuran. Biasanya untuk ikan putih, hanya membutuhkan lima menit waktu memasaknya.

Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya