Ketahui Kondisi Kesehatan Lewat Warna Urine

Sampel air seni.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ketika sedang buang air kecil, pernahkah Anda melihat warna dari cairan urine yang dikeluarkan? iIka tidak pernah, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini.

Pasalnya, warna dari cairan urine yang keluar dari tubuh kita, ternyata bisa menentukan kesehatan tubuh lho. Warna-warnanya pun beragam, mulai dari yang jernih, hingga berwarna kuning pekat, semuanya memiliki arti sendiri mengenai kesehatan tubuh kita. Berikut penjelasannya dilansir dari Times of India:

Bening


Jika pada saat buang air kecil, terlihat warna bening pada urine Anda, bisa jadi itu tanda bahwa tubuh kelebihan asupan air. Hal ini akan membuat air yang masuk dalam tubuh terbuang lagi keluar dari tubuh. Jumlah air yang tidak seimbang dalam tubuh, bisa menyebabkan beberapa gangguan  pada tubuh, seperti kembung dan mual yang mengganggu aktivitas.

Kuning pucat

Jika urine Anda berwarna kuning pucat hampir ke bening, berarti sedang dalam keadaan cukup air putih. Hal ini bisa juga menandai lancar dan optimalnya sistim metabolisme tubuh kita.

Kuning pekat

Jika sudah melihat warna ini dalam cairan urine saat buang air kecil maka seharusnya Anda mulai berhati-hati. Karena faktanya, dalam keadaan seperti ini, tubuh berarti sedang kekurangan cairan. Mulailah cukupi konsumsi air putih bagi tubuh untuk memerlancar metabolisme.

Kuning kecokelatan


Ketika sudah sampai pada tahap ini, maka hal serius sedang mengintai kesehatan. Pasalnya, jika warna urine sudah mencapai kepekatan yang mendekati warna kuning cokelat, maka itu menandakan akan datangnya masalah pada ginjal. Minumlah air putih yang banyak agar kepekatannya berkurang.

Kemerahan

Warna urine yang mulai kemerahan, adalah lampu merah bagi Anda, di mana sudah tidak bisa lagi bersantai dan harus segera mengunjungi dokter. Pasalnya, urine dengan warna kemerahan adalah tanda adanya infeksi pada organ vital, seperti ginjal, saluran kencing, batu ginjal, hingga kanker.

Oranye

Berbeda dari kecenderungan lainnya, warna oranye pada cairan urine bisa disebabkan reaksi obat-obatan tertentu, seperti obat yang digunakan untuk kemoterapi. Selain itu, konsumsi vitamin c dan wortel yang berlebihan juga menyebabkan munculnya warna ini pada cairan urine Anda.

Baca juga:

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika



Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit



Dok. Istimewa

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

PDIP menggelar rapat konsolidasi pemenangan untuk menghadapi Pilkada 2024. Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024