Menilik 12 Olahan Ikan Lezat Khas Nusantara

Ikan bakar
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ikan menjadi salah satu bahan pangan sehat yang mengandung protein tinggi. Mengonsumsi ikan mampu memberikan sederet manfaat kesehatan pada tubuh mulai dari menjaga kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko kanker, meningkatkan fungsi otak, melawan peradangan, menyehatkan mata, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi.

Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar

Inilah mengapa banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan ikan sebagai bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Daging ikan juga rendah lemak jenuh sehingga sangat pas bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Nah, VIVA.co.id merangkum 12 olahan ikan lezat khas nusantara yang dapat Anda coba di rumah akhir pekan ini:

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri

Sup

Sup ikan

Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia

Foto: iStock

Mengolah ikan menjadi hidangan berkuah seringkali dianggap rumit. Hal ini karena banyak orang yang takut hasilnya akan amis dan kurang lezat. Padahal dengan cara dibuat menjadi sup, kandungan nutrisi seperti protein ikan tidak akan rusak dibandingkan dengan cara digoreng atau dibakar.

Nah, sup ikan bisa ditambahkan berbagai bahan-bahan pelengkap mulai dari belimbing wuluh, jamur dan sayur-sayuran. Hidangan ini juga termasuk salah satu olahan ikan yang populer di Indonesia.

Ikan bakar

Ikan bakar

Foto: iStock

Ikan bakar juga menjadi cara mengolah ikan favorit banyak orang. Dengan membakar ikan, daging yang dihasilkan akan memiliki aroma dan cita rasa smokey yang khas. Ikan juga tidak perlu ditambahkan banyak bumbu, cukup air perasan jeruk nipis dan kecap manis. Semua jenis ikan bisa diolah dengan cara yang satu ini. Nasi hangat dan sambal pedas menjadi teman menyantap yang paling lezat.

Ikan goreng

Ikan goreng

Foto: iStock

Sama seperti dibakar, memasak ikan dengan cara digoreng juga dapat dilakukan untuk mengolah berbagai jenis ikan mulai dari ikan gurame hingga ikan lele. Ada yang membumbuinya dengan sederet remppah terlebih dahulu sebelum digoreng, ada yang hanya memberikan garam dan lada.

Apapun caranya, ikan goreng umumnya dihidangkan degan sambal dan lalapan. Di luar Indonesia, menggoreng ikan juga menjadi cara mengolah daging ikan yang populer. Seperti di Inggris yang masyarakatnya gemar menyantap fish and chips yakni daging ikan yang dibaluri tepung dan digoreng hingga renyah kemudian disajikan bersama kentang goreng serta saus mayonnaise.

Pempek

Pempek

Foto: iStock

Pempek dibuat dengan cara mencampurkan daging ikan giling dengan tepung tapioka atau tepung sagu serta berbagai bumbu. Ikan yang digunakan umumnya ikan gabus, tenggiri atau teri. Ciri khas hidangan asal Palembang ini adalah kesegaran daging ikan yang digunakan, tekstur pempek yang kenyal dan tentu saja cuko asam sebagai saus pelengkap.

Pepes

Pepes ikan

Hidangan khas Nusantara ini bisa dikatakan merupakan cara memasak ikan yang paling sehat. Walaupun membutuhkan waktu memasak yang lebih lama, namun ikan pepes tidak menggunakan minyak saat dimasak. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus ikan pun menghasilkan aroma wangi yang khas. Apalagi jika ditambah dengan daun jeruk dan daun kemangi. Umumnya, ikan yang dipepes adalah ikan bandeng, kembung, mujair dan masih banyak lagi.

Gulai

Di luar negeri, bagian kepala ikan biasanya tidak pernah dimasak. Tapi hal ini tidak berlaku di beberapa negara di benua Asia. Di Indonesia sendiri, kepala ikan adalah salah satu bahan utama pembuatan gulai. Biasanya yang digunakan ialah kepala ikan kakap dengan kuah santan yang diberi kunyit dan beragam rempah.

Satai

Satai ikan

Foto: iStock

Jangan kira satai hanya bisa dibuat dari daging ayam, kambing atau sapi. Daging ikan pun bisa diolah menjadi satai. Seperti hidangan tradisional asal Bali, satai lilit yang terbuat dari daging ikan tuna atau ikan kakap. Daging ikan yang telag digiling dicampurkan bersama bumbu dan parutan kelapa. Biasanya satai lilit disajikan dengan sambal matah yang terbiat dari irisan cabai rawit dan bawang merah.



Tumisan

Tumis ikan

Foto: iStock

Tumisan berbahan dasar daging ikan juga menjadi salah satu cara mengolah ikan yang populer. Selain lezat, cara memasaknya pun sangat mudah. Anda juga dapat menambahkan berbagai bahan-bahan sesuai selera seperti petai, terasi, jamur hingga daun pepaya. Beragam jenis ikan bisa Anda olah menjadi tumisan lezat seperti tongkol, lele hingga teri.



Otak-otak

Otak-otak

Foto: iStock

Yang satu ini umumnya dibuat menggunakan daging ikan tenggiri yang dihaluskan, dibumbui dan dibungkus daun pisang, kemudian dibakar diatas api. Otak-otak yang telah matang biasanya disantap dengan saus kacang. Selain otak-otak biasa, ada pula hidangan otak-otak bandeng yang tak kalah lezat. Cara membuatnya hampir sama, namun tidak dibungkus daun pisang, melainkan dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan dan dimasak.



Siomay

Siomay

Foto: iStock

Siapa tak kenal hidangan khas Bandung yang satu ini? Siomay juga biasa dibuat dari daging ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur bersama bumbu serta tepung kanji. Siomay kemudian dimasak dengan cara dikukus dan setelah matang disajikan bersama kentang, pare, telur dan kol rebus yang disiram saus kacang.

Untuk membuat siomay, daging ikan yang digunakan harus lah segar agar tidak amis dan hancur saat diolah. Kemudian, adonan juga tak perlu diuleni terlalu kuat agar tekstur siomay tidak alot.



Bakso

Bakso ikan

Foto: iStock

Bakso adalah meatball versi Indonesia yang terbuat dari daging sapi dan ayam. Meski begitu, ada pula bakso yang terbuat dari dahing ikan. Sama seperti membuat bakso biasa, daging ikan halus dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu kemudian dibentuk bulat-bulat.


Panada

Panganan asal Manado ini memang sekilas mirip dengan pastel goreng. Perbedaannya adalah teksturnya yang menyerupai roti. Nah, panada biasanya diisi dengan daging ikan. Tak heran, karena Manado adalah daerah yang memiliki hasil laut yang melimpah.

Ikan cakalang menjadi jenis ikan yang paling sering digunakan untuk membuat panada. Daging ikan tongkol pun bisa dijadikan pengganti. Di Manado, Panada umumnya dibuat lebih pedas, sesuai cita rasa masyarakatnya.

![vivamore = "
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya