Lama Menganggur Ubah Kepribadian Anda

Pengangguran (foto ilustrasi).
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani
Menjadi pengangguran dan tidak memiliki pekerjaan yang jelas, tentunya menjadi beban bagi banyak orang, apalagi yang memiliki latar belakang ekonomi sulit.

Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor

Berbagai tekanan mulai dari orang tua, teman, keluarga, hingga kerabat dekat, sedikit banyak akan membuat pikiran terganggu dan emosi jadi tak menentu. Benar, menjadi pengangguran ternyata bisa mengubah kepribadian seseorang.
Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan


Hal ini diungkap oleh penelitian yang dilakukan di Jerman, yang menunjukkan bahwa, menjadi pengangguran dalam waktu lama dapat memunculkan kecenderungan sifat baru dalam diri, yang bergantung dengan berapa lama seseorang itu menganggur.


Dilansir dari
Foxnews
, penelitian ini dilakukan pada lebih dari 6000 orang di Jerman yang terdata sebagai pengangguran. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, adanya 5 sikap dan kepribadian yang terbentuk, karena status pengangguran yang dialami seseorang. Jenis kepribadian itu ialah selalu waspada, mudah cemas, mudah puas, mudah setuju, dan amat pasrah.


Detilnya, penelitian ini menyatakan bahwa laki-laki yang berstatus pengangguran, akan memiliki kecenderungan lebih mudah setuju dan jadi penurut.


Sedangkan pada wanita menganggur, yang justru muncul adalah sifat menentang dan sensitif mengenai apapun. Wanita tanpa pekerjaan, cenderung akan menentang segala pendapat yang dinilainya tidak sepihak dengannya.


Namun setelah lewat dari setahun masa tanpa pekerjaan, hal itu akan berkurang dengan sendirinya. Selain itu, wanita juga akan lebih waspada dan berhati-hati. Semakin lama waktu menganggur, maka sifat ini akan semakin meningkat.


Kesimpulan dari penelitian ini menyebutkan bahwa sifat yang paling banyak dimiliki oleh para pengangguran ialah pasrah, terbuka, namun tetap waspada.


Kurangnya rasa pecaya diri yang dimiliki oleh para pengangguran ini juga sedikit banyak memengaruhi kepribadiannya. Untuk itu, sangat perlu dilakukan introspeksi diri, agar tidak selalu menyalah-nyalahkan diri sendiri dan keadaan yang ada. (ren)


Baca juga:








Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya