Tips Jitu Mengolah Ikan Jadi Hidangan Lezat

Olahan ikan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memasak ikan sebenarnya tidak membutuhkan metode atau teknik yang terlalu sulit. Bagi banyak juru masak, ikan menjadi salah satu sumber makanan yang cukup mudah diolah. Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat akan memasak ikan di rumah.

Tips Jitu Olah Menu Boga Bahari

Apapun cara memasak yang Anda gunakan, pastikan Anda melakukan sesuatu untuk menghilangkan bau amis ikan. Untuk menguasai cara mengolah ikan yang tepat agar menghasilkan hidangan yang lezat, perhatikan tips-tips yang dirangkum VIVA.co.id berikut ini:

Lemon

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Saat memasak ikan, jangan takut hasilnya akan amis dan kurang lezat. Anda dapat menggunakan air perasan jeruk lemon. Jika tak ada lemon, Anda dapat menggunakan berbagai jenis buah citrus lain seperti jeruk nipis atau jeruk limau.

Waktu memasak

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Perhatikan cara Anda memasak ikan. Jangan sampai ikan yang mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dimasak terlalu lama sehingga kadar nutrisinya hilang. Salah satu cara memasak yang ikan yang paling sehat ialah merebus atau mengukusnya. 

Dengan merebus daging ikan, rasa daging akan keluar dan air rebusan pun menjadi kaldu. Protein dan nutrisi ikan akan terjaga dengan baik dibandingkan dengan digoreng atau dibakar. Mengukus daging ikan juga tidak membutuhkan minyak sehingga jauh lebih sehat, Selain itu, cita rasanya pun tetap terjaga.

Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu wajib saat memasak hidangan laut, salah satunya ikan. Dengan menggunakan bawang putih, daging ikan menjadi lebih gurih dan kaya rasa.

Anda dapat menghaluskan bawang putih dan membalurkannya pada daging atau seluruh permukaan sikan sebelum memasak. Ketika memilih untuk merebusnya, bawang putih dapat ditambahkan langsung ke dalam air rebusan.

Bumbu secukupnya

Tak perlu menggunakan terlalu banyak bumbu saat memasak ikan. Ini dilakukan agar Anda dapat menikmati cita rasa asli alami daging ikan. Terlalu banyak menggunakan bumbu justru mampu menutupi kesegaran dan rasa aslinya. Apalagi ketika Anda memasak ikan segar yang berkualitas baik.

Gunakan bara 

Membakar ikan diatas kompor seringkali membuat ikan cepat gosong dan rasanya punmenjadi pahit. Untuk itu, tak ada salahnya sesekali membakar ikan diatas bara kayu. Aroma smokey akan memberikan cita rasa khas pada hidangan Anda.

![vivamore = "Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya