Kalau Saya Tak Mau Mandi, Apa yang Terjadi?

Ilustrasi mandi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Empat Kebiasaan Pagi Hari yang Merusak Kesehatan
Pernahkah Anda membayangkan, apa hasilnya jika ada orang yang menolak mandi selama berhari-hari, minggu, bahkan bulan? Yang sudah pasti terlintas di pikiran, adalah bau yang sangat menyengat. Namun dikutip dari laman Howstuffworks, ternyata bukan hanya itu risiko yang akan Anda alami, jika nekat melakukan hal jorok ini.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Selain bau yang menusuk, orang yang sampai berbulan-bulan tidak mandi, kulit dan rambutnya akan menjadi kotor dalam skala yang sangat akut. Hal ini tentu akan mengundang berbagai penyakit datang, karena seperti kita ketahui bersama, bakteri sangat senang hinggap di tempat-tempat yang kotor seperti ini.
Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23


Selain itu, risiko Anda terkena infeksi terbuka lebar. Kulit yang kotor juga akan membuat tubuh gatal, dan hal ini akan memicu Anda jadi rajin menggaruk. Sesuatu, yang lagi-lagi akan membawa petaka, karena makin sering digaruk, kulit yang kotor akan cepat luka akibat iritasi.


Tahukan Anda, kalau tubuh manusia itu secara umum tertutup kulit selebar 1 sampai 2 meter, yang juga menjadi rumah bagi 2,6 juta kelenjar keringat. Jadi bisa dipastikan, bila ada orang nekat tidak mandi dalam jangka waktu lama, maka jutaan kelenjar itu akan terus mengeluarkan keringat, bahkan saat Anda tak menyadarinya.


Tanpa terbasuh air, maka bisa dipastikan, efek bau yang disebabkan keringat yang terus mengering, akan luar biasa mengganggu. Jadi jangan pernah coba-coba untuk tidak mandi lebih dari sehari, kawan. Setuju?


Baca juga:




 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya