Sulaman Borneo Hentak Indonesia Fashion Week 2015

Sulaman Borneo ramaikan Indonesia Fashion Week 2015.
Sumber :
  • Nuvola Gloria

VIVA.co.id - Kreativitas seni di Pontianak tidak kalah menarik dari daerah lain di tanah air. Soal sulaman, perancang busana di daerah ini bahkan mampu berkolaborasi dengan PT Antam.

Lita Jonathan selaku trainer desain dari PT Antam mengatakan, sulaman memang bukanlah budaya Kalimantan. Namun, Pontianak terkenal dengan anyaman dan tenunnya.

"Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki tenun, namun sulaman tidak. Ini tantangan bagi kami. Memilih sulaman dan memberanikan diri dengan orang-orang yang memulai dari nol," kata Lita kepada rekan media di acara Indonesia Fashion Week 2015 di Gedung Jakarta Convention Centre kawasan Jakarta Pusat, Sabtu malam, 28 Febuari 2015.

Elegan dan Eksentrik Italia Meriahkan Panggung IFW 2015

Sementara itu, Lenny Agustin, fashion designer sulam Berneo mengatakan, dia telah membuat 40 set busana yang bermain dengan grass, siluet lurus, dan rebel simple design.

"Saya menonjolkan sulamannya, blocking sulaman bermain dengan aksen bulat dan kotak. Designnya banyak lurus tetapi tetap colorful dan cheerful.

Awalnya dia merasa kesulitan dalam proses pembelajaran. "Awalnya ngawur main potong aja. Next, meletakkan motif yang pas. Semua penuh perhitungan," ujarnya dengan memakai salah satu hasil karyanya itu.

IFW 2015 Hadirkan Filosofi Batik Kimono

Indonesia Fashion Forward

Akselerasi Desainer, IFF Gandeng Department Store

Lima desainer menghadirkan pakaian ready-to-wear.

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2015