Lele Laut Blekecek, Sajian Langka dari Bantul

Lele Laut Blekecek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ochi April

VIVA.co.id - Selain terkenal dengan pantai-pantainya, Kabupaten Bantul juga menyimpan sejuta pesona kuliner laut yang bikin ketagihan. Seperti di Pantai Depok, tepatnya di rumah makan Salsabila 2, sajian kuliner dari berbagai jenis hewan laut bisa ditemui di tempat ini. 

Beli Ikan Tuna Raksasa, Restoran Sushi Jadi Sorotan

Namun, ada satu sajian khas kuliner yang pasti akan sangat jarang ditemui. Sebab, untuk mendapatkan ikan jenis ini pun tidak semudah mendapatkan hewan laut lainnya seperti cumi, udang, atau ikan kepiting. 

Jenis ikan yang satu ini adalah lele laut. Berbentuk seperti lele, yang membedakan adalah ukurannya yang lebih besar. 

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Salah satu makanan yang disajikan di rumah makan Salsabila 2 ini adalah lele laut blekecek. Nama yang unik. Menurut Sumarni, blekecek maksudnya sebelum lele laut diolah akan dicampur dengan bumbu yang di becek-becek. 

"Saya sendiri kurang begitu paham kenapa dinamai blekecek. Mungkin karena bumbunya dibejek ke ikan lele laut ini," ujar dia kepada VIVA.co.id.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Untuk mengolah lele laut menjadi blekecek, menurut dia, sangat mudah. Semua bumbu dapur seperti bawang merah, bawah putih, kunyit, ketumbar, kemiri, dan garam ditumbuk menjadi satu. 

Setelah halus bumbu ditumis, lalu dimasukkan air secukupnya. Setelah itu, masukkan juga serai yang banyak, lengkuas, dan daun Salam. "Batang serai untuk menghilangkan amis dari lele laut," kata dia. 

Kemudian, setelah mendidih, kepala lele laut yang telah dipotong dan digoreng setengah matang dimasukkan ke dalam kuah tersebut. 

"Jika suka, bisa ditambahkan daun kemangi, gula merah. Biasanya saya tanya dulu ke pemesan," tuturnya. 

Ada yang unik dari lele laut ini, menurut Sumarni, ikan yang satu ini sangat sulit didapatkan. "Untung-untungan saja bisa dapat lele laut. Jadi, tidak bisa saat datang ke warung pas ada ikannya,"  kata dia.

Ia bercerita pernah ada seorang ibu yang ngidam ingin makan lele laut, akhirnya datang ke warung Salsabila 2. 

"Tapi, ya itu namanya juga untung-untungan. Kalau pas rezeki bisa dapat lele laut, kalau tidak ya terpaksa diganti ikan jenis lain," tuturnya.

Selain dibuat blekecek, lele laut juga nikmat dibakar kecap. Tentunya tidak ketinggalan lalapan, berupa timun, daun kemangi, kacang panjang, dan tauge serta sambal bawang mentah yang akan membuat ketagihan. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya