Benarkah Berpuasa Buat Kita Panjang Umur?

Ilustrasi bahagia.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berpuasa, seringkali dikaitkan dengan konteks agama dan religi. Hampir semua agama dan kepercayaan menyarankan pengikutnya berpuasa. Hal ini wajar karena selain dapat meningkatkan iman pada Sang Pencipta, ternyata berpuasa terbukti membuat badan lebih sehat, dan kemungkinan hidup lebih lama.

Sebuah penelitian di Harvard University mengungkap kebaikan dari berpuasa secara berselang (tidak rutin setiap hari). Penelitian ini, mengamati kehidupan seekor tikus percobaan yang berpuasa. Hasilnya, masa hidup binatang itu dapat lebih panjang dengan melakukan puasa berselang.

Dikutip dari Times of India, Micahel Guo, seorang peneliti dari Harvard mengatakan, "Berpuasa dapat meningkatkan produksi gen SIRT3, sebuah gen yang diketahui dapat memerbaiki dan meningkatkan produktivitas sel dan responsnya."

Michael menyatakan, meningkatnya gen SIRT3 dalam tubuh dengan berpuasa, dapat meningkatkan produksi protein yang baik untuk menjaga keremajaan tulang, gigi, serta kulit, dan membuat Anda awet muda. Kadar oksidasi stres yang teratur,  juga bisa membuat hidup Anda lebih sehat dan hidup lebih lama.

Selain itu, menurut Michael, berpuasa juga bisa meningkatkan insulin, yang berguna melindungi tubuh dari efek samping diet. Jadi, untuk yang sedang menurunkan berat badan, berpuasa memang bisa jadi solusi tepat.

"Berpuasa secara berselang, mampu membatasi konsumsi karbohidrat, dan membuat Anda lebih sedikit makan, dan cenderung melahap makanan yang sehat, seperti membawa kandungan vitamin C dan E, yang baik bagi tubuh," katanya.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya puasa berselang mudah untuk dilakukan. Manfaat darinya pun sudah tidak perlu diragukan. Namun menurut Michael, puasa ini juga harus diimbangi dengan pemilihan makanan yang baik dan sehat.

Baca juga:

Manfaat Luar Biasa Puasa Senin Kamis




Warga India

MA India Izinkan Puasa Sampai Mati

Pengikut Jain mempraktikan tidak makan, minum dan bersenang-senang.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2015