Menilik Akulturasi Budaya Tionghoa dalam Seni Indonesia

Budaya Indonesia dan Tionghoa dalam bentuk wayang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan
VIVA.co.id
Meriahnya Kirab Budaya Gotong Toapekong
- Hubungan Indonesia dengan suku bangsa Tionghoa sudah ratusan tahun lalu terjalin. Hingga kini, hubungan tersebut juga masih erat terjalin dengan melewati pasang surut yang panjang.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Seiring berjalannya waktu, maka lahirlah hasil-hasil budaya, pengetahuan, pola pikir dan kepercayaan yang saling memengaruhi kebudayaan bangsa Indonesia secara signifikan saat ini.
Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024


Masyarakat di Indonesia kini mengadopsi banyak hal dari bangsa Tionghoa yang datang ke nusantara, baik dari teknologi, gaya bangunan, kuliner, bahasa, budaya dan seni.


Telah dibentuk sebuah Unit Pelayanan Museum Seni Rupa Jakarta yang merupakan kolaborasi tiga museum yang meliputi museum wayang, museum keramik, dan museum tekstil di Jakarta.


Baru-baru ini Museum Seni Rupa Jakarta juga mengadakan pameran bertemakan Imlek bertempat di Museum Keramik.


Dalam pameran tersebut terdapat beberapa jenis peninggalan bersejarah yang menggabungkan budaya Indonesia dan Tionghoa yang masih terjaga dari ketiga museum, seperti kain batik, kebaya encim, wayang China yaitu wayang potehi, guci kuno China, dan sebagainya.


"Kita mencoba memamerkan koleksi dan bekerjasama dengan mitra-mitra, seperti mitra tekstil, wayang, keramik dan membuat suatu acara dengan tema Imlek. Kita harapkan acara ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk semua orang," ujar Kepala Unit Pengelolaan Museum Seni Rupa Jakarta, Diah Damayanti, kepada
VIVA.co.id.


Pameran ini, juga digelar, sebagai bagian dari promosi agar masyarakat tertarik berkunjung ke museum. Sebab, sejauh ini, tak banyak masyarakat Indonesia tertarik berkunjung ke museum.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya