Dok, Bolehkan Saya Menelan Biji Buah Kecapi?

Sumber :

VIVA.co.id – Mungkin sebagian dari Anda saat kecil suka makan buah kecapi yang rasanya asam manis. Jika ingat, mungkin pula sebagian dari Anda ada yang senang, menelan bijinya akibat dari daging buah ini sangat tipis, jadi kalau tak menelan bijinya akan terasa kurang afdol.

Nah, dari sisi kesehatan apakah menelan biji buah-buahan itu aman? Menjawab hal ini, dr Nina Amelia dari laman Meetdoctor.com mengatakan bahwa mengkonsumsi buah kecapi, sebaiknya bijinya jangan ditelan. "Biji kecapi memiliki tekstur yang sangat keras, sulit dicerna, jika tertelan, akan membahayakan kinerja organ pencernaan," katanya.

Nina juga mengatakan, menelan biji kecapi bisa menyebabkan adanya komplikasi pada sistim pencernaan, yang berdampak pula pada munculnya luka pada organ cerna. Karena untuk berusaha melumat biji bauh ini banyak organ tubuh yang harus bekerja keras. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan bahwa Anda tidak pernah menelan biji kecapi.

Untuk ukuran biji yang besar, menurut Nina bahayanya bisa lebih parah, apabila jika biji buah tersebut sampai menyumbat tenggorokan dan sulit tertelan. "Hal tersebut bisa menyebabkan sulit napas, dan luka tenggorokan, bisa menyebabkan kematian lho," ujarnya.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati saat memakan buah yang sudah jarang terdengar namanya ini. Jangan sampai tertelan, karena bahaya bisa saja mengintai.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Baca juga:

Orangtua Kunci Penting di Balik Kesehatan Gigi Anak

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Pantai Nglambor, Tempat Wisata Snorkeling di Gunungkidul

Buah kecapi.

Kecapi Ini Bukan Alat Musik

Kecapi ini memiliki warna kulit kuning keemasan.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2015