Sembilan Kuliner Rasa Teh Hijau Wajib Coba

Green tea cake
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dari sekian banyak teh hijau yang ada di seluruh penjuru Jepang, bisa dikatakan yang paling populer hingga dikenal masyarakat dunia ialah matcha.

Matcha sebenarnya sebutan yang diberikan pada bubuk yang berasal dari varian teh hijau bernama Tencha yang harganya cukup mahal dan biasa digunakan di upacara teh Jepang. Matcha bisa menjadi begitu populer secara internasional karena banyak digunakan sebagai bahan tambahan makanan seperti es krim hingga kue.

Nah, bagi Anda penggemar teh hijau, berikut ini adalah berbagai olahan teh hijau lezat yang patut dicicipi.

Es krim


Es krim green tea

Ketahui Beragam Manfaat Teh Hijau Matcha bagi Kulit

Foto: iStock

Es krim menjadi salah satu olahan teh hijau yang paling populer di dunia. Es krim teh hijau memang menjadi olahan teh hijau pertama yang dipopulerkan oleh Jepang. Cara membuat es krimnya terbilang cukup mudah, yakni dengan menambahkan bubuk matcha atau teh hijau ke dalam es krim vanila biasa.

Biskuit Varian Teh Hijau, Seperti Apa Rasanya?



Kakigori

Kakigori

Tujuh Jenis Teh Ini Berkhasiat untuk Merawat Rambut

Foto: iStock

Di Indonesia ada es campur, Jepang punya kakigori. Ini merupakan salah satu hidangan penutup khas Negeri Sakura yang terdiri dari es serut yang diberi buah-buahan, susu atau sirup manis. Banyaknya penggemar teh hijau membuat munculnya kakigori bercita teh hijau. Umumnya, kakigori matcha terdiri dari es serut, susu kental manis dan bubuk teh hijau.



Ice blended

Ice blended green tea

Foto: iStock

Yang satu ini juga menjadi olahan teh hijau yang populer. Bahkan ice blended matcha bisa Anda temui di hampir semua kedai kopi atau kafe di kota-kota besar. Cara membuatnya hanya dengan es batu, gula cair, bubuk teh hijau dan susu putih yang dicampurkan di dalam blender. Whipped cream atau krim kocok di bagian atasnya membuat minuman ini menjadi begitu lezat.

Kue

Green tea cake

Foto: iStock

Tak hanya black forest, tiramisu atau cheese cake saja, saat ini juga telah hadir kue bercita rasa teh hijau. Warna hijau terang yang cantik dan frosting kue yang juga menggunakan bubuk teh hijau membuat kue ini akan memanjakan lidah para penggemar matcha.



Mochi

Mochi green tea

Foto: iStock

Mochi adalah panganan tradisional Jepang yang berbentuk bulat mungil dan bertekstur kenyal. Mochi terbuat dari tepung beras yang diuleni dan dibentuk bulat dengan isian di bagian dalam. Saat ini, teh hijau juga telah merambah ke kue mochi di mana bubuk matcha ditambahkan ke dalam adonannya.



Donat

Donat green tea

Foto: iStock

Teh hijau juga tak ketinggalan menjadi topping donat. Kombinasi cokelat putih yang telah dilelehkan dan bubuk teh hijau menjadi olesan lezat pada donat favorit Anda.



French macaroon

Macaroon green tea

Foto: iStock

Tak hanya stroberi, vanila, kopi atau jeruk, French macaroon saat ini juga telah tersedia dalam varian rasa teh hijau. Panganan cantik asal Prancis yang terbuat dari meringue yang diberi olesan di bagian tengah ini bisa Anda dapatkan di berbagai bakery atau toko kue.



Martabak

Ilustrasi martabak green tea

Foto: Instagram.com/bazingajakarta

Banyaknya penggemar teh hijau di Indonesia juga membuat munculnya berbagai panganan khas Tanah Air bercita rasa teh hijau. Martabak adalah salah satunya.

Pedagang martabak menambahkan wafer rasa teh hijau ke dalam martabak manis. Lelehan cokelat putih yang telah diinfus teh hijau membuat martabak manis memiliki cita rasa baru yang tak kalah lezat dengan martabak cokelat atau keju.



Kue cubit

Kue cubit green tea

Foto: Dok. VIVA.co.id

Jajanan khas Indonesia lainnya yang dikreasikan dengan tambahan bubuk teh hijau ialah kue cubit. Anda dapat menemukan kue cubit bercita rasa matcha di berbagai tempat mulai dari yang dijajakan dengan gerobak, warung roti bakar pinggir jalan hingga kafe dan restoran. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya