Kapan Anda Perlu Mengganti Sikat Gigi

Kebiasaan menyikat gigi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tahukah Anda bahwa gigi manusia yang sering berkontak dengan makanan adalah gigi belakang. Mengapa demikian? Hal ini, karena saat manusia umur enam tahun, gigi belakang mulai bekerja optimal untuk mengunyah makanan.

Mana Lebih Baik, Siwak atau Sikat Gigi?

Namun, karena sering berkontak dengan makanan, gigi juga sering berlubang dan berlanjut karies hingga pulpa. Dr. Ratu Mirah Afifah GCClinDent,MDSc menjelaskan bahwa ada cara, agar dapat mencegah gigi berlubang.

Anda dapat menyikat gigi dengan gosok gigi yang mengikuti kontur mulut manusia. Hal ini, agar efektif membantu menangkal dan membersihkan sampai gigi bagian belakang, serta sela gigi secara menyeluruh.

"Sikat gigi yang dapat mengikuti kontur mulut manusia harus bisa menjangkau seluruh bagian gigi yang sulit di bagian belakang," ujar Dr. Mirah sapaan akrabnya yang mengenakan dress putih saat ditemui di Jakarta, Selasa 3 Maret 2015.

Sikat gigi tiga leher sudut dapat mencegah perputaran, meningkatkan kestabilan dan keseimbangan gigi, mudah dikendalikan dan meningkatkan akurasi, serta jangkauan ke dalam gigi bagian belakang.

Dengan demikian, hal ini dapat mencegah karies dan pulpa. Karies ditandai adanya kerusakan jaringan keras gigi, sehingga terbentuk lubang. Kerusakan ini ditandai dan diawali dengan terdapatnya bercak putih pada permukaan gigi yang lama kelamaan membentuk lubang.

Jangan Sikat Gigi Setelah Sarapan, Ini Alasannya

Jika plak berlanjut dan dibarengi sakit kepala tak tertahankan dan gigi membengkak, karies berlanjut menjadi pulpa. Padahal, awalnya dari sisa makanan yang tidak dibersihkan di gigi.

Jangan lupa Anda harus memerhatikan waktu lamanya menyikat gigi, bentuk sikat gigi, ukuran, dan teknik menyikat gigi yang benar. Gantilah sikat gigi tiga kali sebulan, atau pada saat bulu sikat mengembang.

Dr. Ratna yang juga hadir bersama Dr. Mirah, menjelaskan bahwa faktor karies bermula adanya akumulasi plak, fermentasi dalam rongga mulut, tingginya konsumsi karbohidrat, dan asam pada makanan.

Kenali Empat Bahan Alami Atasi Gigi yang Sensitif

Untuk mencegah, konsumsilah ikan teri, ikan laut, dan susu untuk meningkatkan fluor yang berguna mengontrol gigi. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya