Amankah Beli Produk Kesehatan Online?

Setiap wanita memiliki karakter yang berbeda-beda.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
- Pesatnya perkembangan teknologi di zaman modern, makin memungkinkan kita mendapat akses mudah di hampir semua hal, salah satunya soal berbelanja. Jika dahulu kita harus pergi ke sebuah toko atau pusat perbelanjaan, kini belanja bisa dilakukan di rumah, dengan menggunakan satu jari, lewat cara
online
Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos
.
Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis

Segala bentuk transaksi yang dilakukan secara online
, memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan praktik jual beli. Namun kemudahan akses ini memiliki dampak negatif, yakni banyaknya ragam penipuan yang marak terjadi.


Selain memalsukan harga, para oknum pelaku tidak bertanggung jawab, bisa memalsukan kualitas barang yang dijual. Ironisnya, salah satu yang dijadikan motif jualan oknum produsen gadungan ini, ialah alat-alat kesehatan.
Ya
, kini alat-alat kesehatan seperti sandal, alas tidur, hingga celana dalam kesehatan, kini banyak dijajakan secara online.

 

Mereka menjual peralatan elektronik yang katanya ada kandungan infra merah, magnet, dan perangkat ion negatif, dengan iming-iming dapat menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit. Namun bagaimana pandangan praktisi medis mengenai hal ini?


Dokter Tri Ari Wibowo dari laman Meetdoctor mengatakan, beberapa produk kesehatan yang ada di rumah sakit, memang dilengkapi dengan beberapa unsur yang sama, seperti yang diiming-imingi para produsen alat kesehatan online. Tapi kebenaran khasiat dan kegunaannya, belum tentu dapat dijamin.


"Alat-alat yang ada di rumah sakit, sudah terlebih dahulu melewati proses penelitian dan peninjauan, jadi keamanannya terjamin. Namun yang beredar secara
online
, belum tentu dapat dipastikan keabsahannya," ujar Aria, demikian dokter ini biasa dipanggil.


Ia menambahkan, cara kerja dan kandungan elektrik dalam alat tersebut juga harus terlebih dahulu diteliti, agar tidak terjadi masalah yang membahayakan kesehatan si pemakai.


Kemudian, menurut Aria, alangkah lebih baik, sebelum memutuskan untuk membeli barang-barang tersebut secara online, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, atau tenaga medis terpercaya. Karena jika sampai salah beli, kesehatan dan nyawa Anda yang jadi taruhan.


"Solusi terbaik dari saya, ialah selalu memercayakan kesehatan dan proses penyembuhan Anda kepada dokter atau tenaga medis, yang jelas-jelas sudah terlatih untuk menangani. Dengan begitu, kesehatan akan terjaga tanpa adanya risiko buruk menimpa," ujarnya.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya