Ini Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Salad

Ilustasi konsumsi makanan anti penuaan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mengonsumsi satu porsi salad adalah salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan berbagai nutrisi penting. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, salad juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi porsi makanan yang kurang sehat.

Dikutip dari laman Fitsugar, kandungan sayur-sayuran serta buah-buahan yang kaya vitamin dan serat dalam semangkuk salad akan memberikan Anda manfaat yang luar biasa. Untuk itu, mulailah mengonsumsi salad setidaknya satu porsi dalam sehari dan dapatkan empat manfaat berikut ini.

Sistem pencernaan yang sehat

Salad yang berisi sayur-sayuran hijau segar adalah sumber asupan serat sempurna bagi tubuh. Manfaat serat yang Anda dapatkan dengan mengkonsumsi salad adalah menurunkan kadar kolesterol dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga membantu membuat Anda merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga dapat mencegah mengkonsumsi camilan tidak sehat.

Berat badan turun

Ketika dibuat dengan benar, tanpa mayonaise dan dressing berlemak, salad dapat mengurangi kalori secara signifikan dari total asupan kalori harian. Karena mengandung serat tinggi dan karbohidrat yang rendah, Anda dapat mulai mengkonsumsi salad sebagai hidangan pembuka.

Empat Kesalahan yang Buat Salad Jadi Tidak Sehat

Hal ini akan membuat Anda makan hidangan utama lebih sedikit dari biasanya. Bahkan salad dapat menjadi hidangan utama hanya dengan menambahkan protein seperti dada ayam atau telur rebus.

Kebutuhan nutrisi terpenuhi

Selain sayur, mengonsumsi buah-buahan juga merupakan hal penting karena mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi salad setidaknya sekali, Anda dapat memastikan mendapatkan porsi makan yang lengkap. Salad adalah cara mudah untuk mencampur dan mengkombinasikan buah dan sayur, seluruh nutrisi ada dalam satu porsi.

Asupan lemak baik

Berbeda dengan dressing berlemak dan keju yang memberikan asupan lemak buruk, ada banyak pilihan lemak sehat yang dapat Anda campurkan ke dalam salad seperti avokad dan kacang-kacangan.

Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai dressing sehat kaya rasa dan memberikan komponen gizi tambahan. Anda juga dapat mencampur minyak zaitun dengan bawang putih, air perasan lemon, garam, dan merica untuk menambah cita rasa.

![vivamore="Baca Juga :"]

RESEP: Salad Pepaya Muda Khas Thailand, Pedas dan Segar

Ini Bahan Ideal Konsumsi Salad

[/vivamore]

(ren)

Salad.

Lima Topping Salad Ini Akan Rusak Diet Anda

Salah satunya adalah keju.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016