Imutnya Panti Jompo Khusus Kucing Lansia

The Lincolnshire Trust for Cats, rumah jompo khusus kucing
Sumber :
  • Dok.The Lincolnshire Trust for Cats

VIVA.co.id - Bagi beberapa orang, kucing bukanlah sekadar binatang peliharaan. Mereka adalah bagian dari keluarga, apalagi jika sudah dirawat sedari kecil. Oleh karena itu, banyak pemilik kucing yang khawatir akan nasib si manis kesayangan jika terjadi sesuatu pada mereka. 

Kucing, Hewan Terapi Anak Kebutuhan Khusus

Mengerti kekhawatiran para pemilik kucing, sebuah yayasan amal di Inggris mendirikan panti jompo yang dikhususkan bagi kucing lanjut usia.

Dilansir Oddity Central, The Lincolnshire Trust for Cats yang berlokasi di Lincolnshire, Inggris, merupakan satu-satunya panti jompo yang didirikian khusus bagi kucing. Saat ini, panti jompo unik tersebut menampung sekitar 80 kucing lansia. 

Kucing Menolak Dipindahkan dari Tempat Pembuangannya

Seperti juga panti jompo bagi manusia, The Lincolnshire Trust for Cats dilengkapi fasilitas yang memadai bagi para kucing lansia. Fasilitas tersebut berdiri di atas tanah seluas 7 are di daerah pedesaan yang damai, tempat para kucing bisa berjalan-jalan dengan tenang. 

Tidak hanya itu, para kucing lansia ditempatkan di rumah dengan pemanas yang memastikan setiap ruangan tetap hangat, terutama di musim dingin. Rumah itu punya banyak jendela yang membuat para kucing bisa puas bermalas-malasan sembari berjemur.

Rumah Sakit Ini Izinkan Hewan Peliharaan Besuk Majikan

Jangan khawatir soal kenyamanan, The Lincolnshire Trust for Cats dipastikan layak bagi kucing semanja apa pun. Rumah tersebut dilengkapi perabotan nyaman, termasuk kasur empuk, sofa, bantal-bantal, bahkan perapian.

Kenyamanan maksimal tentu berbanding lurus dengan harga, rumah jompo bagi kucing ini memang mahal. Si pemilik kucing harus membayar biaya masuk sebesar US$1300 atau setara Rp17 juta untuk memastikan kucingnya diurus dengan baik seumur hidup.

Biaya tersebut termasuk ongkos pemeliharaan kucing sepanjang usianya, serta biaya kesehatan. 

"Saat pemilik kucing meninggal, biasanya kucing akan diberikan ke tempat penampungan hewan, yang belum tentu mencurahkan perhatian seperti pemilik sebelumnya. Kami memastikan para kucing bisa beristirahat dengan tenang di sini," ujar pendiri The Lincolnshire Trust for Cats, Jain Hills. 

Tidak hanya bagi kucing lansia, The Lincolnshire Trust for Cats juga punya rumah penampungan khusus kucing liar. Kini, rumah jompo unik itu menampung 400 kucing, baik yang sebelumnya berkeliaran di jalan atau yang dibuang pemiliknya. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya