Tiga Bahan Alami Pengusir Gusi Bengkak

Ilustrasi periksa gigi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki gusi yang bengkak, bisa membuat penampilan terganggu. Selain sulit bicara karena sakit, gusi bengkak juga memiliki efek samping yakni napas jadi tak segar.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk menghilangkan bengkak pada gusi. Sebelum berobat ke dokter gigi dan mengeluarkan biaya lebih, sebaiknya gunakan beberapa bahan alami ini terlebih dahulu. Lalu, apa saja bahan itu? Ini ulasan lengkapnya menurut laman Times of India:

Oleskan Odol Efektif Sembuhkan Gusi Bengkak, Benarkah?

Soda kue

Soda kue, terbukti dapat meringankan bengkak pada gusi. Hal ini, karena kandungan asam yang dimilikinya dapat mengempiskan bengkak. Cara pengaplikasiannya pun mudah. Cukup campur soda kue dengan sedikit air, lalu aduk hingga memiliki tekstur kental.

Cara Atasi Gusi Bengkak dengan Obat Tradisional

Bubuhkan pada gusi yang bengkak dan tunggu hingga kurang lebih 20 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air putih. Lakukan ini selama beberapa kali dalam sehari, maka rasa bengkak akan hilang dan tak kembali.

Bawang merah

Lima Cara Obati Gusi Bengkak Tanpa Biaya Mahal

Walau memiliki aroma yang sangat tajam dan menyengat, namun bawang adalah salah satu bahan yang juga ampuh untuk menyembuhkan bengkak pada gusi. Pasalnya, bawang merah memiliki kandungan enzim yang berfungsi untuk meredakan adanya peradangan dan pembengkakan.

Kandungan tersebut, juga dipercaya dapat menenangkan perasaan. Cara pengaplikasiannya pun mudah, Anda tinggal memakan langsung bawang merah mentah, atau jika tidak sanggup bisa membubuhkan tumbukan bawang merah pada bagian yang bengkak.

Kantung teh

Dalam satu teh kemasan kantung, mengandung banyak enzim tanin yang efektif meredakan segala macam peradangan dan pembengkakan, salah satunya gusi. Cukup dinginkan teh di lemari es selama 3-4 jam, lalu tempelkan pada bagian luar mulut yang gusinya bengkak.

Karena tidak ada pemakaian langsung, Anda bisa menggunakan teh ini berulang-ulang selama apapun yang Anda inginkan. Namun hentikan penggunaan ketika gejalanya sudah reda. Selamat mencoba.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya