Lima Ragam Burger Nikmat di Dunia

Ilustrasi burger keju
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Hamburger Ternyata Bukan Berasal dari Kota Hamburg, Jerman
- Kepopuleran suatu makanan sering kali membuat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk menarik pelanggan. Tak heran jika lantas makanan tersebut memiliki begitu banyak varian yang berbeda.

RESEP: Yuk, Buat Burger Sendiri di Rumah
Salah satu makanan populer dunia yang memiliki sederet varian unik ialah burger. Yang tadinya hanya diisi patty daging sapi, burger kini juga disajikan dengan patty daging kambing, ayam hingga ikan.

Lima Burger Cepat Saji Unik di Dunia
Tak hanya itu, roti burger pun mengalami banyak perubahan. Ada yang menggantinya dengan nasi hingga mi, ada pula yang menciptakan inovasi roti burger berwarna hitam. Nah, bagi Anda penggemar burger, berikut ini adalah sejumlah variasinya yang patut dicoba.

Burger keju

Ilustrasi burger keju

Foto: iStock

Burer keju adalah hamburger yang diberi tambahan keju sebagai toppingnya. Keju yang digunakan umumnya dipotong tipis lalu ikut dipanaskan bersama rotinya agar keju meleleh. Di AS, keju Amerika seperti cheddar paling umum digunakan dalam pembuatan burger. Namun, keju seperti mozzarella, blue cheese dan pepperjack juga cukup banyak digunakan.



Burger vegetarian

Burger Vegetarian

Foto: iStock

Banyaknya orang yang mengadopsi diet vegetarian atau pola makan tanpa mengonsumsi daging atau produk hewani membuat diciptakannya burger vegetarian. Tentu saja burger ini tidak menggunakan patty daging, melainkan patty dari sayuran, kacang-kacangan hingga jamur yang dikombinasikan dengan tepung terigu agar dapat dibentuk bundar.

Banyak restoran burger yang telah memasukkan burger vegetarian ke dalam menu makanan mereka. Meski begitu, burger vegetarian pertama kali dibuat di London pada tahun 1982 oleh Gregory Sams yang kemudian menamakannya VegeBurger.



Burger mi

Burger Mi

Foto:iStock

Yang satu ini terbilang tengah menjadi tren. Pertama kali diciptakan di Jepang, seperti namanya burger terdiri dari dua genggam mi yang digunakan sebagai pengganti roti brioche. Karena dimasak dengan cara dipanggang, bagian luarnya sedikit garing, sedangkan bagian dalamnya lebih lunak.

Saat digigit bersama daging dan topping lainnya, mi memberikan tekstur yang lebih kenyal dan gurih dibandingkan roti. Sama seperti burger biasanya, burger mi juga yang tersedia dengan berbagai varian topping mulai dari patty daging sapi, ayam hingga ikan.



Burger nasi

Burger Nasi

Foto: iStock

Berbeda dengan masyarakat Eropa dan Amerika yang makanan pokoknya adalah roti, masyarakat Asia lebih terbiasa menyantap nasi. Itu lah yang mendasari terciptanya burger nasi. Jepang menjadi negara yang pertama kali mempopulerkan varian burger yang satu ini.

Untuk dibuat burger, nasi dibentuk bulat pipih dan digunakan sebagai pengganti roti. Patty daging dan topping lain seperti selada, tomat, acar ketimun dan saus pun tetap ditambahkan.



Burger hitam

Burger hitam
Foto: iStock

Seorang ahli kuliner gastronomi, Heston Blumenthal lah yang pertama kali menciptakan inovasi burger dengan roti berwarna hitam legam. Ia membuat roti menggunakan arang bambu yang dicampur ke dalam adonan tepung terigu.

Hasilnya adalah roti dengan aroma dan cita rasa smokey. Selain arang bambu, burger hitam yang saat ini ditawarkan berbagai restoran dan kafe biasanya dibuat menggunakan tinta cumi-cumi atau biji wijen hitam.



![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya